Pestisida Pada Makanan Bisa Memicu Penyakit Berbahaya

DokterSehat.Com – Tanpa kita sadari, makanan yang kerap kali kita anggap sebagai makanan yang sehat, yakni sayuran dan buah-buahan ternyata juga telah terkontaminasi berbagai zat berbahaya. Zat berbahaya ini adalah pestisida yang memang banyak disemprotkan pada tanaman sayuran dan buah-buahan untuk mencegah adanya ulat atau gangguan serangga lainnya yang bisa merusak hasil panen. Jika kita tidak membersihkan kandungan pestisida ini dari makanan ini, maka kita pun beresiko terkena beberapa penyakit berbahaya jika sering mengkonsumsinya.

doktersehat-semangka

Pakar kesehatan dari Australia dalam organisasi NCFH mengungkapkan fakta mengejutkan dimana hasil pertanian yang terkena paparan pestisida organofosfat ternyata memilliki kandungan racun yang sanyat berbahaya dan bisa menyebabkan beberapa penyakit berbahaya layaknya kanker dan kondisi kelainan syaraf dan psikotik layaknya penyakit parkinson. Penelitian yang dilakukan selama lebih dari 12 bulan ini mengungkapkan jika resiko terkena kanker dan parkinson ini bisa semakin membesar jika kita mengkonsumsi makanan terkontaminasi ini dalam jangka panjang.

Pakar kesehatan memang masih banyak melakukan perdebatan tentang jenis pestisida manakah yang bisa memberikan resiko terkena penyakit kanker dan parkinson ini. Namun, beberapa ahli racun menyebutkan jika pestisida organifosfat yang memang ditujukan untuk menyerang sistem saraf pada serangga ternyata bisa membuat gangguan kesehatan pada manusia jika dikonsumsi oleh manusia dalam jangka panjang melalui makanan yang tidak dibersihkan dengan benar.

Di Amerika Serikat dan Inggris, penggunaan pestisida organifosfat sendiri telah dilarang dan dibatasi penggunaannya. Namun, mengingat kemampuannya membunuh hama serangga dengan sangat cepat, masih banyak petani yang menggunakannya. Selain dalam dunia pertanian, bahan kimia ini juga diyakini dipakai dalam industri ternak sehingga kita pun sebagai konsumen harus menjadi lebih berhati-hati akan kandungan pestisida ini. Ingatlah selalu untuk membersihkan makanan dengan baik untuk menghindari adanya kandungan pestisida yang tersisa sehingga kita pun mengkonsumsi makanan yang benar-benar bersih dan sehat.