Pestisida Bisa Merusak Otak

Doktersehat.com – Bahan kimia seperti pestisida tidak hanya dapat mengganggu kesuburunan tanaman tapi juga bisa menyebabkan penyakit parkinson. Parkinson merupakan gangguan degeneratif sistem saraf pusat yang dapat mengganggu cara bicara, keterampilan motorik, dan fungsi organ lainnya.



Petani dan orang-orang yang tinggal di dekat penyebaran pestisida berisiko terkena penyakit parkinson. Udara yang tercemar bahan kimia bila dihirup dalam jangka waktu lama bisa merusak sistem saraf otak.

Dalam EmaxHealth, Arthur G. Fitzmaurice menegaskan faktor lingkungan sangat berperan pada perkembangan penyakit parkinson. Berkembangnya parkinson bisa diketahui dari hilangnya neuron dopaminergik dalam tubuh manusia.

Para peneliti menilai kandungan kimia enzim matabolit dan hormon dopamin yang terdapat dalam pestisida bisa merusak saraf pada otak.

Parkinson menyebabkan seseorang mengalami kesulitan dalam menjaga keseimbangan. Terjadinya perlambatan pada motor resposesnya menyebabkan penderita parkinson memiliki memori jangka pendek.

Penderita Parkinson juga mengalami gangguan bicara seperti penurunan verba kefasihan. Selain itu juga mengalami gangguan kognitif yang meliputi pemahaman emosional berbicara dan ekspresi wajah.

Sumber: okezone.com