Pesta Barbeque Malam Tahun Baru, Jangan Kebanyakan Makan Daging

DokterSehat.Com– Tak hanya berkumpul di pusat kota untuk merayakan malam pergantian tahun, ada banyak orang yang sengaja memilih untuk melakukan pesta barbeque dengan saudara atau teman-teman. Melakukan pesta ini dianggap lebih menyenangkan untuk dilakukan dan bisa mempererat hubungan antar keluarga atau teman. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak sembarangan dalam melakukan pesta barbeque di malam tahun baru.



Cancer Research UK dari Inggris menyarankan kita untuk tidak mengkonsumsi daging olahan terlalu banyak layaknya sosis, ham, dan daging lainnya. Memang, rasa dari daging ini sangatlah enak, apalagi setelah dibakar dan diberi tambahan bumbu lainnya. Sayangnya, telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi daging olahan dan daging merah bisa memicu datangnya tumor atau bahkan kanker.

Beberapa jenis daging olahan yang sebaiknya kita hindari adalah bacon atau sosis yang ternyata menjadi salah satu pemicu paling sering dari penyakit kanker karena tingginya kandungan pengawet dan natrium di dalamnya.

Pakar kesehatan lainnya, dr. Tirza Gwendoline, SpPD yang berasal dari Rumah Sakit Evasari juga menyarankan kita untuk tidak mengkonsumsi daging dengan berlebihan saat melakukan pesta tahun baru. Menurut beliau, daging saja sudah memiliki kandungan kolesterol dan lemak jahat. Selain itu, bumbu untuk memasak daging ini juga kaya akan kandungan garam yang bisa memicu tekanan darah tinggi. Bahkan, bagian daging yang gosong dan terasa enak ini bersifat karsinogen atau mampu menyebabkan datangnya kanker.

Boleh-boleh saja kita melakukan pesta barbeque, namun, pastikan untuk tidak mengkonsumsi daging dengan berlebihan. Selain itu, pilihlah daging yang lebih sehat layaknya daging ikan daripada daging olahan. Beberapa bahan makanan lainnya seperti jagung juga bisa dijadikan makanan yang enak dan asyik untuk menemani pesta tahun baru. Imbangi pula dengan minum air putih dan konsumsi buah-buahan yang kaya serat.