Pesan Terakhir dari dr. Ryan Thamrin Bagi Mereka yang Berdarah O

DokterSehat.Com– Meskipun sudah meninggal dunia, ilmu yang dibagikan oleh mendiang dr. Ryan Thamrin masih bisa kita gunakan untuk menjaga kesehatan kita. Salah satu pesan yang dibagikan oleh dr. Ryan adalah untuk tidak menganggap enteng sakit maag, khususnya bagi mereka yang memiliki golongan darah O. Mengapa mereka yang memiliki golongan darah ini harus waspada pada penyakit yang kerap menyerang siapa saja ini?

dokter ryan thamrin meninggal dunia

Mereka yang memiliki golongan darah O ternyata cenderung lebih mudah terkena masalah sakit maag. Untuk itu, ada baiknya mereka menghindari kesalahan dalam mengatasi sakit maag seperti berikut ini.

Jangan minum obat maag dengan air
Kebanyakan obat maag diminum dengan cara dikunyah, bukannya diminum, meskipun memang ada obat maag yang berbentuk sirup. Sayangnya, banyak orang yang menganggap obat ini bisa diminum dengan air minum seperti obat lainnya. Hal ini ternyata bisa membuat obat tidak bekerja dengan maksimal. Selain itu, ada baiknya 1 jam sebelum dan sesudah minum obat maag ini kita tidak mengkonsumsi makanan atau minuman apapun.

Menunda-nunda minum obat maag
Karena tidak ingin bergantung pada obat, banyak orang yang sengaja menunda-nunda minum obat maag meski maag sudah menyerang. Padahal, jika asam lambung ini dibiarkan, lambung bisa mengalami luka atau kerusakan. Dalam beberapa kasus, lambung bisa saja mengalami peradangan, infeksi, dan masalah lainnya.

Tidak tahu penyebab maag
Dr. Ryan menyebutkan bahwa penyebab sakit maag adalah kebiasaan telat makan, minum kopi, mengkonsumsi makanan pedas dan asam atau makanan bersantan. Selain itu, ada penyebab lain yang seringkali tidak disadari, yakni stress dan kurang gerak. Karena alasan inilah ada baiknya kita harus mengelola stress dengan baik dan tetap banyak bergerak.

Baca Juga:  Mengenal Penyakit Maag

Ada salah satu penyebab sakit maag yang juga patut kita waspadai, yakni bakteri helicobacterpylori. Adanya bakteri ini kerap kali disebabkan oleh kebiasaan malas menyikat gigi. Demi mencegah datangna sakit maag, ada baiknya kita rutin menjaga kebersihan gigi dan mulut.