Perut Bayi Ini Terus Membuncit, Ternyata Ia Dinyatakan “Hamil”

DokterSehat.Com– Prinsa Rathava, bayi berusia tujuh bulan ini terlihat seperti sedang mengandung karena perutnya yang membuncit. Tak disangka, putri dari Manisha dan Motisingh ini ternyata memang benar-benar sedang “mengandung”. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Photo Source: Metro.co.uk

Health Detik menulis, Manisha dan Motisingh akhirnya memeriksakan kondisi sang anak ke Rumah Sakit Sipil Gujarat, India. Dr. Rakesh Joshi, Kepala Departemen Bedah Anak kemudian mendiagnosis Prinsa terkena masalah fetus in fetu, kondisi dimana ada janin yang terjebak di dalam tubuhnya.

Janin tersebut bukanlah anak dari Prinsa, melainkan kembarannya saat masih di dalam kandungan. Apa yang dialami oleh Prinsa sangatlah langka karena baru sekitar 200 kasus saja yang terjadi di seluruh dunia.

Demi mencegah masalah kesehatan yang lebih serius dan memastikan Prinsa bisa tumbuh dengan normal, dokter pun menjalankan prosedur operasi untuk mengeluarkan janin kembaran Prinsa.

Janin dengan berat 130 gram yang berhasil diangkat ini diketahui sudah memiliki jarungan vertebra normal, jaringan otak, kepala, tungkai, hingga lesung pipi namun tidak berkembang.

Dr. Rakesh mengaku prosedur operasi yang dilakukan cukup menyulitkan karena perut Prinsa yang masih berukuran sangat mungil dan posisi janin yang berada di belakang usus, tepatnya diantara kedua ginjal. Prinsa pun kini sedang menjalani pemulihan pasca operasi.

Penyebab dari masalah fetus in fetu ini adalah pemisahan kembar yang tidak sempurna di dalam kandungan. Salah satu kembaran gagal tumbuh dan akhirnya “terhisap” di dalam bagian tubuh kembaran lainnya.

Sayangnya, kembaran yang gagal tumbuh ini bisa menyebabkan komplikasi jika dibiarkan berada di dalam tubuh sehingga harus dioperasi.

Anggota keluarga Sobat sehat tidak ada yang memiliki perut yang mencurigakan seperti Prisan, kan?