Perut Buncit seperti Apel, Membahayakan Kesehatan Anda

DokterSehat.Com – Kegemukan pada perut (abdominal obesity) menurut bentuknya terbagi atas 2 jenis, yakni kegemukan pada perut (seperti buah apel) dan kegemukan pada pinggul (seperti buah pir). Kegemukan perut atau buncit seperti bentuk buah apel, disebabkan oleh penumpukan Visceral fat. Visceral fat adalah jenis lemak kadar tinggi yang terletak pada pusat yaitu rongga perut. Visceral fat ini lebih berbahaya bila dibandingkan dengan subcutaneous fat, yang merupakan lemak pada tepi, atau lemak bawah kulit. Visceral fat ini bisa memicu munculnya berbagai penyakit. Penyakit-penyakit tersebut antara lain penyakit jantung, Diabetes Mellitus, pre-diabetes, dan perlemakan hati (fatty liver).

doktersehat-lemak-gemuk-lipedema-melahirkan

Apa saja penyebab perut membuncit?

  1. Ketidakseimbangan antara energi yang masuk dan yang dikeluarkan. Energi yang masuk berasal dari asupan makanan sehari-hari. Penyebab terbanyak perut membuncit adalah makanan yang mengandung tinggi karbohidrat, fruktosa, dan lemak.
  2. Energi yang dikeluarkan sedikit karena perubahan gaya hidup dan perilaku sehingga malas untuk berolahraga.

Bagaimana cara mengatasinya?

Mengurangi kelebihan lemak perut dengan mengurangi asupan, terutama lemak, dan memperbanyak aktivitas fisik terutama olahraga. Jenis olahraga yang ideal adalah olahraga yang bersifat ritmikal seperti aerobik, karena olahraga ini meningkatkan konsumsi oksigen dan menggerakan semua sel tubuh. Tentu saja olahraga ini harus dilakukan secara teratur.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber: WebMD