Perut Bengkak, Waspada Gejala Asites

DokterSehat.Com – Kata asites berasal dari bahasa Yunani (askos) yang artinya kantung. Asites adalah keadaan terkumpulnya cairan patologis di dalam rongga abdomen/perut.

doktersehat-Dispepsia-Asites

PENYEBAB

  • Kelainan di hati
    – Sirosis, terutama yang disebabkan oleh alkoholisme
    – Hepatitis alkoholik tanpa sirosis
    – Hepatitis menahun
    – Penyumbatan vena hepatik
  • Kelainan diluar hati
    – Gagal jantung
    – Gagal ginjal, terutama sindroma nefrotik
    – Perikarditis konstriktiva
    – Karsinomatosis, dimana kanker menyebar ke rongga perut
    – Berkurangnya aktivitas tiroid
    – Peradangan pankreas.

GEJALA
Jika jumlah cairan yang terkumpul tidak terlalu banyak, biasanya tidak menunjukkan gejala. Jumlah cairan yang sangat banyak bisa menyebabkan pembengkakan perut dan rasa tidak nyaman, juga sesak nafas. Jumlah cairan yang sangat banyak, menyebabkan perut tegang dan pusar menjadi datar, bahkan terdorong keluar. Pada beberapa penderita, pergelangan kaki juga membengkak (edema).

DIAGNOSA
Pada pemeriksaan perkusi perut, akan terdengar suara tumpul (teredam). USG digunakan untuk mengetahui adanya asites dan menemukan penyebabnya. Parasintesis diagnostik dilakukan untuk memperoleh contoh cairan yang selanjutnya akan diperiksa di laboratorium.

PENGOBATAN
Pengobatan dasar dari asites adalah tirah baring dan diet rendah garam, yang biasanya dikombinasikan dengan obat diuretik (kombinasi spironolakton dan furosemid) supaya cairan yang dibuang melalui ginjal lebih banyak jumlahnya. Jika terjadi sesak nafas atau susah makan, dilakukan parasintesis terapeutik, dimana dimasukkan jarum untuk membuang cairan yang terkumpul.