Perubahan Ini Kerap Terjadi Pada Pria yang Sudah Menikah

DokterSehat.Com – Siapa sih yang tidak berbahagia setelah menikah? Disatukan bersama dengan orang yang dicintai untuk menjalani mahligai pernikahan ternyata bisa memberikan perubahan pada tubuh pria yang sudah menikah, yakni kecenderungan untuk mengalami kenaikan berat badan. Apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi?

doktersehat-lemak-gemuk-lipedema-melahirkan

Sebuah penelitian pun dilakukan untuk mencari tahu perubahan apa saja yang dialami oleh pria setelah menikah. Penelitian yang mengambil data dari Project EAT dan kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul Journal Families, Systems, and Health ini pun dilakukan dengan cara menganalisa data tersebut setelah melakukan polling pada 1.853 pria dewasa. Hasilnya adalah, 25 persen pria yang sudah menikah memang mengalami kenaikan berat badan jika dibandingkan dengan pria yang masih single.

Mengapa pria yang sudah menikah cenderung mengalami kenaikan berat badan? Pakar kesehatan menyebutkan jika cukup banyak pria yang puas dan nyaman dengan pernikahan mereka sehingga mengalami penambahan nafsu makan. Dalam sebuah penelitian lainnya yang dilakukan di Tallinn University di Estonia juga menyebutkan bahwa dukungan dan rasa bahagia dari orang yang dicintai ternyata bisa membuat perubahan pada penampilan seseorang, termasuk dalam hal kenaikan berat badan.

Joanna Syrda, pakar kesehatan dari University of Bath, melakukan sebuah analisa dari data yang diambil dari sekitar 8.700 pria dalam studi berjudul Panel Study of Income Dynamics. Dari data tersebut, diketahui bahwa 24 persen pria sudah menikah, 12 persen pria sudah bercerai, dan 39 persen lainnya sudah menjadi ayah. Hasilnya adalah, pria yang menikah ternyata memiliki berat badan rata-rata lebih banyak 3 pon jika dibandingkan dengan pria yang masih single. Kenaikan berat badan dari para pria yang menikah ini sendiri lebih sering terjadi setelah anak pertama mereka dilahirkan.

Dalam penelitian terakhir, pria yang sedang atau baru saja selesai menjalani proses perceraian ternyata juga mengalami penurunan berat badan dengan cukup signifikan.