Myasthenia Gravis – Perubahan Gaya Hidup, Komplikasi, dan Prognosis

Myasthenia-Gravis-doktersehat

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di rumah untuk membantu meringankan gejala MG:

  • Istirahat yang cukup untuk membantu meminimalkan kelemahan otot
  • Jika  terganggu oleh penglihatan ganda, bicarakan dengan dokter apakah Anda harus memakai penutup mata
  • Hindari stres dan paparan panas, karena keduanya dapat memperburuk gejala

Perawatan ini tidak bisa menyembuhkan MG. Namun, Anda biasanya akan melihat perbaikan gejala. Beberapa individu mungkin mengalami remisi, dimana pengobatan tidak diperlukan.

Beritahu dokter tentang obat atau suplemen apa pun yang Anda pakai. Beberapa obat dapat membuat gejala MG menjadi lebih buruk. Sebelum minum obat baru, tanyakan kepada dokter Anda untuk memastikannya aman.

Komplikasi Myasthenia Gravis

Salah satu komplikasi potensial MG yang paling berbahaya adalah krisis myasthenicia. Kondisi ini meliputi kelemahan otot yang mengancam jiwa dan  isa mencakup masalah pernapasan. Bicarakan dengan dokter tentang risiko Anda. Jika Anda mulai mengalami kesulitan bernapas atau menelan, hubungi dokter dan segera menuju ke unit gawat darurat setempat.

Individu yang mengidap MG memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan kelainan autoimun lainnya seperti lupus dan rheumatoid arthritis.

Prognosis Myasthenia Gravis

Prognosis jangka panjang untuk MG bergantung pada banyak faktor. Beberapa orang hanya akan memiliki gejala ringan. Orang lain mungkin akhirnya tidak bisa berjalan dan bergantung pada kursi roda. Bicaralah dengan dokter tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan tingkat keparahan MG Anda. Pengobatan dini dan tepat dapat membatasi perkembangan penyakit pada banyak orang.

Myasthenia Gravis: 1 2 3