Perubahan Fisik Yang Terjadi Selama Masa Kehamilan

DokterSehat.Com – Selama masa kehamilan, ibu hamil akan mengalami berbagai perubahan baik itu dalam hal perubahan fisik maupun perubahan psikologis. Di dalam tubuh, terdapat banyak perubahan hormon yang mempengaruhi perubahan-perubahan ini. Jika anda adalah ibu yang baru saja mengalami kehamilan untuk pertama kali, anda harus bersiap-siap menghadapi beberapa perubahan fisik seperti sebagai berikut.

doktersehat-kehamilan-hamil-Infeksi-Cytomegalovirus

Perubahan pada ibu hamil yang paling kentara pada ibu hamil tentu adalah kecenderungannya untuk memiliki perut yang semakin besar. Memang, keberadaan janin di dalam perut ibu hamil yang terus tumbuh membuat perut ibu hamil juga ikut membesar. Hanya saja, selain bagian perut pun banyak ibu hamil yang cenderung menjadi semakin gemuk dan memiliki bentuk payudara yang ikut membesar. Payudara yang membesar ini sendiri terjadi sebagai persiapan nantinya ibu akan menyusui setelah melahirkan bayi. Biasanya, ukuran payudara akan kembali normal saat proses menyusui bayi berlangsung selang beberapa waktu.

Untuk hal kecantikan, ibu hamil bisa mengalami beberapa perubahan pada wajah dan tubuhnya. Sebagai contoh, saat kehamilan, banyak ibu yang mengeluhkan warna kulitnya yang tidak merata dan bahkan bisa terlihat kusam. Perubahan hormon mempengaruhi masalah kulit ini dan untungnya hal ini hanya berlangsung sementara dan setelah melahirkan, warna kulit pun akan kembali merata dan cantik kembali. Yang menarik adalah, jika ibu hamil merasa rileks dan bahagia menyambut kehamilan, maka rambutnya pun akan cenderung lebih sehat dan berkilau. Sebaliknya, jika ibu hamil mengalami depresi, maka rambut pun beresiko mengalami kerontokan.

Ibu hamil juga harus bersiap-siap menghadapi berbagai masalah kesehatan layaknya mual-mual dan kehilangan selera makan. Dalam beberapa kasus, ibu hamil juga akan mengalami sembelit, apalagi jika konsumsi seratnya berkurang. Selain itu, ibu hamil juga akan cenderung mudah lelah dan beresiko mengalami sakit punggung. Jadi, untuk ibu hamil, jagalah kesehatan tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat untuk memastikan masa kehamilan berlangsung dengan nyaman dan sehat hingga waktu persalinan tiba.