Pertolongan Pertama Untuk Meredakan Vertigo

DokterSehat.Com – Penyakit vertigo adalah penyakit yang tidak biasa. Banyak orang yang mengasosiasikan vertigo dengan sakit kepala yang sangat hebat, namun, vertigo jelas adalah penyakit yang sangat berbeda! Penderita vertigo bisa mengalami sakit kepala yang hebat dan disertai dengan pandangan yang berputar-putar. Beberapa orang bahkan bisa jatuh tersungkur dan mengalami muntah-muntah dengan hebat karena sudah tidak kuat lagi menahan pandangan yang berputar hebat sehingga keseimbangan tubuh pun jauh menurun. Jika kita menemukan seseorang yang terkena serangan vertigo mendadak, berikut adalah pertolongan pertama yang bisa kita lakukan.

doktersehat-vertigo-pusing-penyakit-kepala-berputar-hipoglikemia-jet-lag

Tempatkan orang yang terkena vertigo dalam posisi berbaring dan bahunya harus disandarkan pada bantal, bukan kepala. Sebelumnya, gerakkan kepala sekitar 45 derajat ke arah dimana vertigo sangat terasa. Setelah dalam posisi berbaring, pastikan kepala dan telinga berada lebih rendah dari bahu dan tahan posisi ini hingga setengah menit. Setelah itu, cobalah untuk menoleh ke kanan dalam rentang waktu yang sama dan kemudian diikuti dengan menggerakkan seluruh badan ke arah kanan dan tahan hingga 30 detik. Setelah berbaring miring, maka kita bisa mencoba duduk di sisi kanan dari tubuh dan periksalah apakah kondisi vertigo masih sama atau tidak.

Jika vertigo ternyata masih berada dalam kondisi yang sama, jangan ragu untuk segera memanggil ambulans atau mengantarkannya ke dokter terdekat. Ingat, vertigo bukanlah sakit kepala biasa dan kondisi pandangan serta keseimbangan tubuh penderitanya sangatlah buruk sehingga kita tidak bisa meminumkan obat sakit kepala karena bisa jadi penderitanya akan memuntahkannya lagi dengan segera. Sebaliknya, jika gejala vertigo terasa menurun, maka kita bisa mengulangi latihan di atas hingga 3 kali dalam sehari atau setidaknya hingga 24 jam ke depan. Jika ternyata latihan ini hanya mengurangi gejala vertigo tanpa menghilangkannya sama sekali, maka inilah saatnya anda harus memerikaskan kondisi ke dokter.