Pertolongan Pertama Untuk Memar

DokterSehat.Com – Memar adalah luka yang sering dijumpai dan dialami oleh seseorang. Hal ini terjadi karena beberapa hal seperti terjatuh atau terkena pukulan ke badan yang menyebabkan beberapa pembuluh darah pecah di bawah permukaan kulit. Perubahan warna dan pembengkakan pada kulit timbul karena adanya rembesan darah ke dalam jaringan.

12

Menurut Stanley M. Zildo seperti dikutip dari bukunya yang berjudul First Aid, Cara Benar Pertolongan Pertama dan Penanganan Darurat, gejala memar adalah daerah yang terkena terasa sakit, kulit memerah lalu berubah warna menjadi biru atau hijau, terkadang timbul bengkak atau benjolan.

Pertolongan pertama yang dilakukan untuk mengatasi memar agar proses penyembuhan atau pemulihan lebih cepat adalah sebagai berikut :

  • Sesaat setelah terjadi benturan untuk secepatnya memberikan kompres dengan air dingin atau es pada bagian tubuh yang mengalami benturan. Dengan pemberian kompres air dingin atau es akan membuat pembuluh darah menjadi mengecil sehingga akan menekan terjadinya  perdarahan di bawah kulit dan juga dapat mencegah terjadinya pembengkakan. Kompres dingin sebaiknya digunakan sesaat setelah terjadi benturan saja dan maksimal pemberiannya hanya 24 jam pertama.
  • Hindari pemberian kompres hangat sesaat setelah terkena benturan. Karena hal tersebut  bisa menimbulkan memar semakin parah dan bahkan bisa terjadi pembengkakan. Biasanya orang awam mengunakan balsem atau sejenisnya.
  • Apabila memar sudah melampaui 24 jam gunakan kompres hangat (bisa juga di gunakan balsem atau sejenisnya). Dengan memberikan kompres hangat akan melancarkan peredaran darah akan mempercepat proses penyembuhan memar.
  • Apabila benturan pada daerah kaki atau tangan sesegera mungkin mengelevasikan (mengangkat bagian tubuh tersebut lebih tinggi dari jantung). Hal tersebut mampu mengurangi aliran darah yang menuju ke daerah yang mengalami memar karena benturan
  • Apabila memar bertambah parah dan bahkan terjadi pembengkakan dan disertai dengan rasa nyeri yang hebat sesegera mungkin di bawa ke rumah sakit terdekat dikarenakan kemungkinan tidak hanya memar yang terjadi tetapi bisa juga terjadi robekan tendon bahkan juga terjadi patah tulang.