Pertolongan Pertama Saat Terkilir

DokterSehat.Com – Terkilir adalah suatu cedera yang disebabkan oleh sebuah trauma sehingga menyebabkan peregangan atau robekan ligament jaringan pengikat antara dua persendian tulang. Dalam dunia medis lebih dikenal dengan istilah sprain.



Umumnya yang paling sering terkilir adalah bagian pergelangan, lutut atau pinggul. Penyebabnya bisa karena tarikan atau puntiran keras secara mendadak atau karena terjatuh. Biasanya bagian yang terkilir akan membengkak secara cepat karena cairan (atau darah) berkumpul di jaringan sekitar area yang terkilir.

Pertolongan pertama saat terkilir

  • Istirahatkan atau stabilkan bagian yang sakit dengan menopang bagian yang cedera agar posisi balita nyaman. Biasanya bagian yang cedera diluruskan.
  • Kompres dengan air dingin untuk mengurangi bengkak dan terjadinya memar. Caranya, bungkus es batu dengan kain lalu kompreskan di bagian yang cedera.
  • Balut kaki beserta kompres esnya menggunakan kain.
  • Tinggikan bagian yang sakit dengan menopangnya, untuk mengurangi aliran darah ke tempat tersebut agar tidak terjadi memar.
  • Bawa anak ke rumah sakit untuk mendapat perawatan lebih lanjut. Mungkin kakinya harus di rontgen untuk memastikan apakah ada bagian tulang yang retak/patah atau tidak.

Kompres dingin (es), biasanya bermanfaat pada 24 jam pertama. Gunanya untuk menghentikan perdarahan di pembuluh darah halus yang terjadi cedera, serta mengurangi kemungkinan bengkak.

Setelah lebih dari sehari, diperlukan pula kompres hangat (dengan air panas yang ditaruh di botol) untuk melancarkan darah ke area yang cedera ini juga membantu agar tidak terjadi penggumapalan darah.