Pertolongan Pertama Pada Vertigo

DokterSehat.Com – Pernahkah Anda mengalami saat dimana ketika Anda tengah asyik duduk dengan santai, atau ketika Anda bangun dari tidur Anda, lalu tiba-tiba kepala terasa pusing dan seolah bumi berputar cepat? Mungkin saja Anda saat itu tengah mengalami vertigo.



Dalam dunia medis, gejala  ini merupakan salah satu jenis dari sakit kepala yang diderita oleh beberapa orang di dunia ini. Sebenarnya pusing yang dirasakan penderita vertigo hampir sama dengan yang kerap dialami orang pada umumnya. Bedanya, bila kita sakit kepala terasa berat dan nyeri, maka vertigo sama sekali tidak merasakan nyeri ( ada beberapa kasus yang mengatakan tetap merasakan nyeri, namun tidak separah ketika kita tengah mengalami gejala sakit kepala biasa ). Bila sudah terjadi demikian, maka dibutuhkan pertolongan pertama yang tepat untuk menangani vertigo.

Selain itu, seberat dan senyeri apapun rasa sakit kepala yang seringkali kita alami, akan tetapi kita masih mampu berdiri tegap, berjalan sesuai tujuan, dan segera mencari obat untuk mengatasi penyakit yang kita alami.

Namun hal itu tidak berlaku bagi penderita vertigo. Sebab yang bersangkutan pasti akan mengalami ketidak seimbangan tubuh sehingga menyebabkan si penderita tidak mampu berdiri dengan tegap, pandangan tidak mampu fokus dan oleng saat berjalan. Bahkan bila sudah masuk kategori akut, maka si penderita akan langsung terjatuh karena merasa seperti terguncang gempa yang sangat dahsyat. Anda bisa bayangkan ketika vertigo menyerang tiba-tiba pada saat si penderita tengah mengemudi kendaraannya, sedang menuruni tangga di lantai yang tinggi, atau bahkan sedang menyeberang jalan misalnya? Hal itulah yang paling dikhawatirkan bagi para penderita vertigo. Sebab masalah utama yang paling diresahkan dari jenis sakit kepala ini adalah kehadirannya yang sama sekali tidak bisa diprediksi, dan bisa muncul secara tiba-tiba.

Pertolongan pertama vertigo pada diri sendiri :

  • Bila vertigo kambuh di saat Anda sedang duduk atau merebahkan tubuh, usahakan untuk tidak segera bangkit dari posisi Anda. Lakukan penenangan saraf dengan menarik nafas dalam-dalam agar peredaran darah kembali lancar. Tahan nafas selama kurang lebih tiga detik, sebelum kemudian dilepaskan secara perlahan-lahan. Posisikan kepala Anda senyaman mungkin, dan usahakan tidak melakukan pergerakan yang berlebihan, seperti bergeleng misalnya. Lakukan hal tersebut antara lima hingga enam kali pernafasan dalam hingga Anda merasa sudah lebih baik.
  • Bila vertigo kambuh di saat Anda sedang berjalan atau berdiri, terutama di tempat-tempat umum, jangan sungkan untuk berhenti sejenak sambil segera menundukan kepala, atau bahkan berjongkok. Sandarkan kepala Anda di bangku atau setidaknya di dinding terdekat, dan segera melakukan relaksasi seperti tips nomor 1.
  • Bila vertigo kambuh di saat Anda sedang berkendara, usahakan untuk segera menepikan diri di pinggir jalan, dan beristirahat sejenak untuk melakukan penenangan seperti tips nomor 1. Dan bila sudah sedikit mereda, jangan segera melanjutkan perjalanan, tapi usahakan mencari warung atau restoran terdekat hanya sekedar untuk meneguk teh panas dan beristirahat minimal 20-30 menit sebelum kembali berkemudi.
Baca Juga:  Dokter Endang Mangunkusumo

Pertolongan pertama vertigo pada penderita lain :

  • Ketika si penderita kambuh, segera pastikan Anda siap untuk menopang tubuhnya apabila sewaktu-waktu akan terjatuh akibat kehilangan keseimbangan. Bila memungkinkan, bantu dirinya untuk duduk atau bersandar di suatu tempat. Pastikan untuk menyuguhkan minuman yang manis dan hangat.
  • Jika penyakitnya tergolong akut, Anda bisa memberinya obat penenang atau penangkal mual dan muntah.
  • Setelah pertolongan pertama terhadap vertigo dilakukan, segera bawa penderita ke klinik atau rumah sakit terdekat untuk segera mendapat penanganan, termasuk mendiagnosa dan mencari penyebab dari gejala yang dialaminya, sebab apabila dibiarkan saja justru malah akan bertambah parah.