Pertolongan Pertama pada Kecelakaan bagi Si Kecil

DokterSehat.Com – Menjaga bayi atau anak kecil memiliki tantangan tersendiri, karena mereka rentan terhadap kecelakaan kecil. Seringkali, kecelakaan kegiatan sehari-hari di rumah kita sendiri, seperti memar atau benturan, luka bakar atau melepuh, tersendak, mimisan ataupun luka potong.



Ketika anak mengalami kecelakaan, hal paling penting yang harus dilakukan adalah; jangan panik! Kepanikan hanya akan membuat situasi bertambah buruk dan mengakibatkan Anda justru tak bisa berbuat apa-apa. Berikut ini beberapa cedera yang umum terjadi pada balita dan bagaimana cara memberikan pertolongan pertama, dikutip dari The Parents Zone.

  • Luka
    Untuk luka atau lecet, pertama bersihkan area yang terluka dengan air, kemudian oleskan bedak, krim, atau spray antibakteri untuk mensterilkan luka. Tutup luka dengan kain kasa steril atau plester luka. Jika masih tetap terjadi pendarahan pada luka, lekas bawa si kecil ke dokter, kemungkinan ada luka yang perlu dijahit.
  • Memar
    Jika terjadi memar atau pendarahan di dalam kulit, Anda harus mencegah terjadinya pembengkakan. Kompres bagian yang memar dengan handuk bersih dan es batu atau ice pack; jaga agar daerah memar tetap tinggi. Jika ada pembengkakan di sekitar luka memar terutama sendi, ada kemungkinan kerusakan pada saraf, tulang, atau tendon (otot) yang membutuhkan pertolongan medis secepatnya.
  • Luka bakar
    Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ada luka bakar atau tersiram air panas adalah mendinginkannya. Bersihkan daerah yang terluka dengan air dingin mengalir atau celupkan dalam air untuk mendinginkan kulit. Ingat, jangan gunakan air yang terlalu dingin atau es. Berikan antibiotik pada luka dan tutup dengan kain kasa halus, steril, dan dipasang longgar. Berikan si kecil pereda nyeri untuk membuatnya nyaman. Jika infeksinya melebar atau luka bakar berat, konsultasikan segera ke dokter untuk mencegah lebih banyak jaringan parut yang rusak pada kulit.
  • Gigitan dan sengatan serangga
    Gigitan nyamuk, laba-laba atau kutu mungkin tidak banyak membutuhkan perawatan selain salep kulit untuk mencegah gatal-gatal. Sengatan serangga lain seperti kumbang, lebah, tawon dan serangga lain mungkin lebih menyakitkan dan membutuhkan perhatian segera.

    Pertama, pastikan tidak ada bagian lain yang tersengat dan segera buang sengat dari kulit untuk mencegah lebih banyak racun yang masuk ke kulit. Berikan antihistamin untuk mengontrol gejala alergi. Oleskan calamine, pasta baking soda atau krim hydrocortisone ke area sengatan. Lihatlah apakah ada reaksi alergi berat seperti pembengkakan bibir atau tenggorokan, kesulitan bernapas dan lainnya yang kemungkinan fatal. Untuk gigitan serangga terutama yang menusuk kulit harus segera diberikan perhatian medis.

  • Menelan benda beracun atau berbahaya
    Tidak perlu dikatakan lagi bahwa setiap jenis keracunan atau gejala keracunan membutuhkan pertolongan medis segera. Yang dapat dilakukan orang tua pertama kali adalah memastikan kalau saluran napas dan mulut anak Anda bersih dari substansi tersebut dan kemungkinan untuk menelannya lagi.