Pertolongan Pertama Pada Dislokasi Sendi (Sendi Geser)

Dislokasi sendi adalah cedera di mana ujung tulang Anda terpaksa berubah dari posisi normalnya. Penyebabnya biasanya trauma akibat jatuh, kecelakaan mobil, atau tabrakan saat kontak atau kecepatan tinggi olahraga.

doktersehat-nyeri-sendi-gangguan-autoimun

Dislokasi biasanya melibatkan sendi tubuh yang lebih besar. Pada orang dewasa, area yang paling umum dari cedera adalah bahu. Pada anak-anak, biasanya siku. ibu jari dan jari-jari juga rentan jika jika secara paksa membungkuk dengan cara yang salah.

Cedera akan secara sementara merusak dan melumpuhkan sendi dan dapat menyebabkan sakit yang tiba-tiba, diikuti dengan pembengkakan. Dislokasi membutuhkan perhatian medis segera untuk mengembalikan tulang Anda ke posisi yang tepat.

Jika Anda yakin telah mengalami dislokasi sendi:

  • Jangan menunda perawatan medis. Dapatkan bantuan medis.
  • Jangan bergerak sendi. Sampai Anda menerima bantuan, lindungi sendi yang terkena ke posisi tetap, biasanya dengan elastic bandage. Jangan mencoba untuk memindahkan sendiri dislokasi sendi atau memaksa kembali tulang ke tempatnya. Hal ini dapat merusak sendi dan otot sekitarnya, ligamen, saraf atau pembuluh darah.
  • Menaruh es pada sendi yang terluka. Hal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dengan mengontrol perdarahan internal dan penumpukan cairan di dalam dan sekitar sendi yang terluka.

Hasil gambar untuk splint

Gambar 1. Splint dislokasi sendi pergelangan tangan

Hasil gambar untuk elbow splint

Gambar 2. Splint dislokasi sendi siku

Hasil gambar untuk shoulder splint

Gambar 3. Splint untuk dislokasi sendi bahu