Pertolongan Pertama Ketika Buah Hati Anda Tersedak

DokterSehat.Com– Gangguan pernapasan merupakan salah satu penyebab utama kematian pada bayi. Penyebabnya beragam, namun masalah ini bisa terjadi kapan saja misalnya saat bayi terjatuh atau tersedak.

doktersehat-anak-tenggorokan-tersedak

Ketika tersedak, bayi Anda akan menunjukkan tanda-tanda kesulitan bernafas seperti mendesah, terengah-engah, tersedak atau memegang batang lehernya. Seorang bayi yang jalan nafasnya terhambat akan mengalami kesulitan bernafas, batuk, atau menangis.

Ketika jalan nafas buah hati anda hampir tersumbat secara sempurna, maka akan menunjukkan gejala-gejala seperti mengeluarkan bunyi yang bernada tinggi dari hidungnya saat bernafas, mengalami kesulitan untuk bernafas dan mengeluarkan batuk yang sangat lemah bahkan tidak sama sekali.

Jika ini terjadi, janganlah panik. Ketika pernapasan terhenti, tubuh masih memiliki waktu sepuluh menit untuk memberi respon terhadap rangsangan dari luar. Penanganan awal sebaiknya dilakukan pada empat menit pertama karena otak hanya bisa bertahan selama itu tanpa aliran oksigen.

Pertolongan pertama pada kejadian jalan nafas hampir dan sudah sangat tersumbat adalah sama. Langkah-langkah dasar untuk mengeluarkan sesuatu dari jalan nafas seorang bayi adalah menggosok punggung dan menekan dada, akan tetapi jangan lakukan hal tersebut bila bayi dapat bernafas, batuk ataupun menangis.

Menggosok punggung
Baringkan bayi diatas lengan anda, dengan posisi kepala lebih rendah dibanding dada. Sokong kepala bayi dengan meletakkan tangan disekitar rahang dan dibawah dada. Letakkan tangan anda diatas paha anda. Gosok punggung sang bayi pada bagian diantara kedua sayap dadanya sebanyak lima kali menggunakan tumit telapak tangan anda. Lalu balikkan sang bayi.

Balikkan sang bayi
Posisikan tangan anda yang bebas pada punggung bayi, dan kepit dia diantara tangan dan lengan anda. Satu tangan memegang dada, leher, dan kepala sang bayi. Pegang ia diantara tangan dan lengan anda, lalu balikkan kepalanya. Letakkan tangan anda diatas paha anda, dan posisikan sang bayi sehingga kepalanya lebih rendah dibanding dadanya.

Baca Juga:  Tips Mengatasi Bayi dan Anak Susah Mandi

Tekan dada sang bayi
Tekan dada sang bayi pada bagian tulang dada sebanyak lima kali menggunakan dua ujung jari anda. Posisikan jari anda kurang lebih satu jari dibawah garis lurus puting sang bayi. Tangan anda harus berasal dari arah sisi samping sang bayi, sehingga jari anda dapat bergerak naik dan turun diantara tulang dada.

Jika sang bayi tetap tersedak, ulangi menggosok punggungnya dan menekan dadanya dan segera carilah bantuan.