Pertama Kali Menyusui? Ibu Harus Siap Dengan Masalah-Masalah Ini

DokterSehat.Com – Ibu yang baru saja melahirkan sang buah hati tentu berharap mampu memberikan ASI secara eksklusif bagi sang bayi. Bagaimana tidak, dengan memberikan ASI eksklusif selama enam bulan pertama sang bayi, kesehatan dan pertumbuhan sang bayi pun bisa terjaga dengan maksimal dan kedekatan emosional bayi dengan ibundanya bisa terjaga. Sayangnya, memberikan ASI eksklusif bagi bayi tidaklah selalu semudah yang dibayangkan. Ada beberapa masalah yang harus dihadapi oleh ibu yang ingin memberikan ASI eksklusif seperti sebagai berikut.

doktersehat-asi-ibu-menyusui

Rasa sakit saat menyusui kerap kali tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Padahal, bagi ibu yang baru pertama kali menyusui, sensasi layaknya nyeri, memar-memar, lecet, atau bahkan pendarahan bisa saja terjadi saat memberikan ASI bagi sang buah hati. Selain banyak-banyak mencari info dan tips mengenai cara menyusui yang benar, ibu sebaiknya juga melakukan konsultasi pada dokter atau bidan sehingga bisa terhindar dari masalah ini.

Produksi ASI ternyata tidak kadangkala bisa berhenti atau kurang dan hal ini tentu akan membuat ibu merasa sedih karena tidak mampu memberikan ASI sebagaimana yang diinginkan sang buah hatinya. Memang, 95 persen ibu mampu memenuhi kebutuhan ASI untuk sang bayi, namun, ada kemungkinan produksi ASI menurun karena kondisi tertentu, bukan? Selain mengkonsumsi makanan sehat dan yang mampu membuat produksi ASI berlimpah, ada juga terapi khusus yang bisa digunakan ibu hamil untuk tetap merangsang produksi ASI tetap terjaga dengan baik.

Memberikan ASI di tempat umum jelas menjadi masalah besar bagi ibu karena bisa membuat rasa canggung dan malu. Untungnya, kini ada kain khusus penutup yang bisa dipakai ibu saat menyusui bayinya di tempat umum. Beberapa tempat juga menyediakan ruangan khusus menyusui bagi ibu yang tentu bisa dimaksimalkan saat bayi merasa lapar.

Baca Juga:  Semakin Gemuk Seorang Wanita, Semakin Berisiko Terkena Kanker Ovarium

Ibu yang harus kembali bekerja adalah masalah yang biasanya paling berat untuk dihadapi ibu yang baru pertama kali menyusui buah hatinya. Alih-alih menyapih, ada baiknya ibu tetap memberikan ASI eksklusif meskipun harus berusaha lebih keras. Caranya adalah dengan memberikan ASI Perahan atau ASIP yang berasal dari payudara sang ibu sendiri. Ada banyak alat pemompa ASI yang ada di pasaran dan ibu bisa menyimpan ASIP tersebut di lemari es yang bisa sewaktu-waktu bisa dikonsumsi sang buah hati saat sang ibu kembali bekerja.