Mau Makan Enak saat Lebaran? Siapkan Tubuh Dulu dengan Lakukan 3 Hal Ini!

Tips-persiapan-makan-enak-lebaran-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Kyle Lam

DokterSehat.Com– Lebaran sudah dekat! Lebaran tentu tak bisa lepas dari sajian makanan khas hari raya yang seakan ditunggu-tungu setelah selesai menunaikan ibadah puasa, ya.

Sudah menjadi rahasia umum jika sebagian besar konsumsi makanan khas lebaran memiliki citarasa nikmat dan gurih. Keinginan makan yang sedang tinggi ditambah dengan waktu berkumpul dengan keluarga membuat kita jadi memiliki waktu dan porsi makan yang lebih banyak, ya.

Makanan-tak-boleh-berlebihan-bumil-lebaran-doktersehat-1

Sebagian besar makanan, baik sajian camilan, minuman, maupun masakan, khas lebaran dibuat spesial sehingga cenderung memiliki kandungan kalori, protein, gula, dan lemak yang tinggi.

Nah, agar asupan kalori, protein, gula, dan lemak dalam tubuh tidak berlebihan saat sedang lebaran, kita harus bisa menyiasatinya dengan mempersiapkan tubuh terlebih dahulu sejak beberapa hari sebelum lebaran tiba.

Hal ini akan sangat baik dan lebih efektif untuk mempersiapkan tubuh sebelum mencoba berbagai sajian khas lebaran nanti. Tubuh akan lebih siap dan risiko asupan lemak atau gula yang berlebihan lebih bisa ditekan jika kita telah mempersiapkan tubuh sebelum lebaran, bukan?

Lantas, apa saja sih persiapan untuk tubuh yang bisa kita lakukan sebelum mengonsumsi makanan khas lebaran?

1. Perbanyak konsumsi serat

Siapkan tubuh, utamanya pencernaan, dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat jelang ramadan. Kebutuhan serat harian yang terpenuhi akan membantu pencernaan lancar, mengontrol kadar gula darah hingga kolesterol tubuh

diet-flexitarian-doktersehat
Photo Credit: www.pixabay.com

Terjadinya ketiga hal tersebut tentu akan membuat tubuh lebih fit dan optimal jelang lebaran.

Selain itu konsumsi makanan khas lebaran yang akan kita konsumsi juga tidak akan banyak meningkatkan nilai kadar darah dalam tubuh karena kadar dalam tubuh telah normal sebelumnya. Akan tetapi hal ini akan terjadi jika konsumsi makanan khas lebaran tidak berlebihan ya.

Pastikan Anda mencukupi kebutuhan harian serat yaitu 25 gram sehari dengan mengonsumsi minimal lima porsi sayur atau buah.

doktersehat-kacang

Anda juga bisa mendapatkan asupan serat yang baik dari konsumsi kacang-kacangan. Agar tubuh tetap fit, usahakan tetap memenuhi kebutuhan serat harian tersebut saat hari lebaran tiba, ya.

2. Konsumsi minuman yang mampu membantu melunturkan lemak

Minuman yang disebut mampu melunturkan lemak adalah minuman yang bisa memperlancar pembuangan lemak atau meningkatkan penyerapan lemak untuk dibuang melalui pencernaan.

Beberapa contoh minuman tersebut antara lain teh hijau atau teh herbal dari bunga kering, minuman dari lemon atau buah yang asam serta minuman yang tinggi serat, yaitu jus buah atau jus sayur.

doktersehat-teh-cengkeh-untuk-diabetes

Usahakan konsumsi minuman tersebut tanpa tambahan gula berlebih, perhatikan bahwa minuman asam tidak baik dikonsumsi saat keadaan perut kosong ketika baru berbuka atau menjelang sahur agar tidak mengganggu pencernaan.

Mengonsumsi minuman tersebut saat sebelum lebaran sedikit banyak akan membantu mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

Agar manfaatnya maksimal, tetap pilih minuman di atas sebagai variasi minuman untuk teman sajian makanan khas lebaran nanti, ya.

3. Berolahraga

Hanya mengontrol asupan makanan tanpa melakukan aktivitas fisik saja tentu merupakan hal yang tidak efektif, ya. Agar kesehatan tubuh, baik kondisi fisik dan nilai kadar darah tetap optimal, maka usahakan melakukan olahraga dengan teratur ya.

doktersehat olahraga ringan setelah sahur

Hal ini akan mendukung pembakaran lemak dalam tubuh lebih maksimal, hal ini tentu mendukung kondisi fisik selama lebaran yang lebih fit. Sama dengan tips lainnya di atas, usahakan tetap melakukan olahraga saat lebaran juga, ya.

Itu dia tiga tips yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkan tubuh saat akan mengonsumsi makanan khas lebaran, cukup mudah dilakukan, bukan?