5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengikuti Arus Balik

doktersehat persiapan mudik
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Kurang dari seminggu lagi kita akan melakukan arus balik dan kembali lagi ke rumah, kos, atau kontrakan. Kita akan kembali lagi bekerja dan menyudahi liburan panjang setahun sekali serta berkumpul dengan banyak keluarga dan juga sahabat yang lama berpisah.

Nah, karena waktu untuk arus balik cukup mepet dan Anda harus melakukannya dengan lancar, persiapan yang matang harus dilakukan. Anda harus melakukan beberapa hal di bawah ini dengan baik agar perjalanan kembali ke kota bisa berjalan dengan lebih lancar baik secara fisik dan psikologis.

Berikut lima hal yang harus dipersiapkan agar perjalanan balik pasca Lebaran bisa berjalan dengan lancar.

  1. Istirahat sebelum berangkat

Saat Lebaran kita akan banyak berkeliling ke saudara dan teman selama beberapa hari. Aktivitas ini cukup menguras tenaga karena dilakukan dari pagi hingga malam hari. Selanjutnya pada minggu ini World Cup juga sudah dimulai sehingga kita akan jarang tidur dan menikmati semua pertandingan yang dilaksanakan.

Karena kondisi yang cukup tidak menguntungkan inilah kita disarankan untuk beristirahat sebelum berangkat. Misal kita kembali ke kota pada hari Selasa, pada hari Senin kurangi aktivitas di luar rumah dan lebih banyak beristirahat agar kondisi tubuh membaik sebelum berangkat.

  1. Melakukan pengecekan kesehatan

Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan sebelum melakukan perjalanan balik ke kota. Pastikan kondisi kesehatan tubuh sedang baik. Kalau Anda mengalami flu atau batuk, segera obati dan banyak beristirahat. Kalau kondisi tubuh sedang menurun dan Anda memaksakan diri untuk kembali, kondisi akan memburuk.

Periksa kesehatan dahulu kalau memang Anda tidak sedang baik kondisinya. Kalau kondisi tubuh baik, jaga terus dengan makan yang teratur dan mengonsumsi suplemen yang bermanfaat sehingga daya tahan terus meningkat selama melakukan perjalanan.

  1. Membawa obat-obatan pribadi

Perjalanan balik ke kota hampir sama dengan perjalanan mudik ke lampung halaman. Anda harus menyiapkan obat-obatan pribadi yang bisa digunakan kalau tubuh mendadak sakit selama perjalanan ke kota.

Bawalah obat nyeri dan demam kalau Anda tidak memiliki penyakit yang terlalu parah. Selanjutnya jangan lupa minyak kayu putih, sirop anti masuk angina, dan pil untuk mencegah mabuk. Gunakan obat itu untuk membuat tubuh menjadi nyaman dan bisa sampai tujuan dengan selamat.

  1. Tidak kembali mepet hari masuk

Selain tidak kembali sebelum beristirahat dahulu selama satu hari di rumah, Anda juga tidak diperkenankan untuk kembali mepet dengan hari libur. Misal saat besok pagi kerja, jangan kembali hari ini karena Anda akan capai selama perjalanan menuju kota.

Usahakan untuk kembali lebih awal sehingga Anda bisa sampai kota dengan cepat. Setelah sampai di kota, Anda bisa segera beristirahat dahulu hingga tubuh tidak capai. Kalau tubuh sudah kembali fit, Anda bisa kembali kerja dalam kondisi yang penuh semangat.

  1. Membawa perbekalan yang sehat

Karena perjalanan ini Anda tidak sedang puasa, perbekalan yang sehat bisa dipersiapkan untuk makan selama perjalanan. Anda bisa membawa makanan yang cukup awet selama perjalanan sehingga tidak basi kalau dimakan malam hari atau dimakan esok harinya.

Perbekalan yang sehat juga harus diimbangi dengan air putih dengan jumlah yang cukup. Selama perjalanan Anda harus mengonsumsi 8 gelas air putih agar tubuh tidak dehidrasi yang memicu lemas dan cepat capai.

Persiapkan perjalanan balik ke kota dengan baik, ya. Mumpung libur yang Anda dapatkan agak panjang, nikmati setiap momen yang ada dengan keluarga sampai puas.