Perokok yang Terkena Kanker Usus Ternyata Beresiko Lebih Cepat Meninggal Dunia

DokterSehat.Com – Sebuah hasil penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Alimentary Pharmacology and Therapeutics baru-baru ini akan membuat banyak orang yang memiliki kebiasaan merokok akan mempertimbangkan kembali kebiasaannya ini. Bagaimana tidak, dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa mereka yang memiliki kanker usus namun tetap melanjutkan kebiasaan merokoknya, ternyata cenderung lebih cepat meninggal dunia jika dibandingkan dengan mereka yang sudah berhenti merokok atau yang tidak pernah merokok. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-rokok

Penelitian ini sendiri dilakukan selama lima tahun dengan mempelajari lebih dari 18 ribu orang yang diketahui mengidap kanker usus. Dari semua penderita kanker usus ini, diketahui bahwa 14 persen diantaranya ternyata memiliki kebiasaan merokok dan mereka pun cenderung kesulitan untuk bertahan hidup lebih lama. Para pasien kanker usus yang memiliki kebiasaan merokok ternyata juga banyak yang harus dirawat dengan intensif dan bahkan melalui metode pembedahan untuk mengobati kanker usus tersebut. Meskipun mendapatkan perawatan yang intensif, mereka tetap saja lebih cepat meninggal dunia jika dibandingkan dengan mereka yang hanya melakukan kemoterapi saja.

David Weinberg, salah seorang dokter yang berasal dari Chase Cancer Center di Philadelphia, Amerika Serikat, berkata bahwa selama ini para pakar kesehatan masih belum mengetahui bagaimana kaitan antara kebiasaan merokok dengan munculnya kanker usus atau bagaimana kebiasaan buruk ini ikut memperburuk kanker usus ini. Namun, dokter yang sama sekali tidak terlibat dalam penelitian ini yakin jika gaya hidup buruk, termasuk merokok, memang bisa membuat kondisi tubuh semakin melemah sehingga resiko untuk meninggal dunia karena kanker usus pun menjadi lebih besar.

Selain tidak merokok, Weinberg menyarankan kita untuk rutin berolahraga dan menjaga berat badan tetap ideal agar bisa menurunkan resiko terkena berbagai kanker, termasuk kanker usus.