Pernah Mencoba Sisir Kayu? Manfaatnya Bagi Kesehatan Rambut Banyak Lho

DokterSehat.Com– Kita lebih sering menemukan sisir yang terbuat dari bahan plastik. Padahal, ada jenis sisir lainnya yang terbuat dari bahan kayu. Meskipun sepintas tidak ada bedanya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari menggunakan sisir kayu untuk merapikan rambut. Apa sajakah manfaat tersebut?



Membuat rambut lebih rapi
Sisir kayu cenderung memiliki gigi yang lebih halus serta lebih jarang. Tak disangka, karakteristik ini ternyata bisa membuat rambut menjadi lebih rata dan menurunkan resiko patahnya rambut yang seringkali disebabkan oleh penggunaaan sisir yang giginya terlalu rapat.

Menurunkan resiko kerusakan rambut
Jarangnya gigi pada sisir rambut membuat resiko rambut terjerat saat kita menyisirnya menurun. Hal ini membuat jumlah rambut yang tercabut secara paksa atau patah juga semakin menurun.

Menurunkan kondisi listrik statis
Pernahkah anda merasakan sensasi seperti adanya aliran listrik statis pada kulit kelapa setelah menyisir rambut? Hal ini cenderung tidak akan terjadi jika kita memakai sisir kayu.

Menurunkan jumlah minyak berlebih pada rambut
Sebum atau minyak alami rambut yang diproduksi oleh kulit kepala bisa membuat rambut menjadi berminyak dan lepek. Beruntung, bahan kayu dari sisir mampu menyerap kelebihan minyak pada rambut sehingga rambut pun akan berada dalam kelembaban yang ideal.

Menyehatkan kulit kepala
Sisir kayu bisa memberikan sensasi pemijatan tatkala digunakan untuk merapikan rambut. Hal ini bisa memberikan efek berupa sirkulasi darah yang lebih lancar sehingga membuat kulit kepala menjadi semakin sehat.

Sisir kayu memang tidak mudah untuk dicari sebagaimana sisir dari bahan plastik. Namun, kita masih bisa menemukannya di toko souvenir atau di pasar tradisional. Jadi, apakah anda tertarik untuk mencobanya?