Pernah Melihat Garis Kehitaman Pada Leher Anak yang Gemuk? Jangan Sepelekan Hal Ini

DokterSehat.Com – Anak yang gemuk atau mengalami obesitas tentu akan sangat mudah dikenali dengan bentuk tubuhnya yang lebih besar. Namun, jika kita memperhatikan pada lehernya, kita akan kerap menemukan garis kehitaman yang terlihat layaknya daki yang tidak benar-benar dibersihkan dengan berat. Bagi pakar kesehatan, garis kehitaman pada leher anak yang gemuk ini ternyata bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang cukup serius, yakni tingginya resiko sang anak untuk terkena diabetes.

doktersehat-anak-kecil-kegemukan-obesitas

Pakar kesehatan Michael Triangto menyebutkan jika sudah menjadi rahasia umum jika berat badan berlebihan ikut meningkatkan resiko terkena diabetes. Karena alasan inilah Ia mengharapkan orang tua tidak lagi berpikir jika anak yang gemuk adalah anak yang sehat, namun mulai mempertimbangkan bahayanya dampak kegemukan ini bagi kondisi kesehatan anak.

Menurut beliau, garis-garis kehitaman pada leher anak yang gemuk ternyata tidak disebabkan oleh daki yang kotor, melainkan menjadi tanda tingginya kadar insulin atau disebut sebagai hiperinsulin pada tubuhnya. Padahal, anak-anak cenderung kerap diberikan makanan yang manis-manis sehingga tubuh pun akan bekerja dengan semakin keras untuk menyerap glukosa. Hal ini ternyata bisa membuat respon sel tubuh pada insulin semakin menurun dan pada akhirnya membuat anak mengalami resistensi insulin dan pada akhirnya memicu diabetes tipe dua.

Beruntung, anak-anak sebenarnya sudah memiliki kemampuan alami untuk menekan resiko terkena diabetes, yakni dengan rajin bermain yang memiliki efek setara dengan berolahraga. Hanya saja, orang tua juga harus ikut berperan aktif dalam mengendalikan pola makan sang anak agar tetap mendapatkan kadar gizi yang seimbang dan mulai menurunkan pemberian makanan manis atau yang kaya akan lemak mengingat hal ini tentu akan sangat buruk bagi kesehatan anak.