Permen Karet Xylitol Turunkan Risiko Angular Cheilitis

DokterSehat.com – Banyak orang pasti pernah mengalami pecah-pecah pada sudut mulutnya. Pecah-pecah pada sudut mulut atau istilah kedokterannya disebut Angular Cheilitis, merupakan peradangan permukaan yang mempunyai ciri-ciri bibir kering dan pecah-pecah yang terjadi pada sudut bibir.



Umumnya Angular Cheilitis disebabkan oleh pertumbuhan berlebihan dari jamur Candida, yang menghasilkan pecah-pecah dan sakit pada sudut mulut.

Angular Chelitis ini memiliki gejala sebagai berikut:

  1. Sudut bibir kering
  2. Sudut bibir pecah-pecah
  3. Luka pada sudut bibir
  4. Sakit pada saat membuka mulut
  5. Bahkan sudut bibir dapat sampai berdarah

Dari hasil penelitian, dengan meningkatkan kesehatan mulut melalui penggunaan permen karet yang mengandung xylitol atau chlorhexidine dapat menurunkan risiko mengalami Angular Cheilitis.

Selain itu ada beberapa obat yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit ini:

1. Salep anti jamur
Salep antijamur, seperti Neosporin, dapat memberikan bantuan dan menyembuhkan infeksi yang menginfeksi bibir. Joel Gallant, MD, seorang profesor kedokteran di Johns Hopkins, merekomendasikan menggunakan obat antijamur untuk mengobati Angular Cheilitis, yang ditandai dengan peradangan dan luka pada permukaan bibir, di sudut mulut dan di sekitar mulut.

2. Obat antivirus
Antivirus, seperti Valtrex, Famvir dan Zovirax, digunakan untuk mengobati herpes mulut yang merupakan kondisi menular yang menyebabkan munculnya luka dan pecah-pecah di sekitar mulut. Obat antivirus bekerja dengan memperlambat perkembangan virus, sehingga memungkinkan tubuh dapat melawannya.

 

Sumber: detikhealth.com