Permen Karet Ternyata Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

DokterSehat.Com– Permen karet yang kerap kita kunyah saat sedang bosan ini ternyata bisa kita gunakan sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Bagaimanakah caranya?

doktersehat-permen-karet-gum

Adalah pakar kesehatan yang berasal dari University of Rhode Island yang berhasil menemukan cara untuk menggunakan permen karet dalam menurunkan berat badan. Dalam penelitian yang mereka lakukan, disebutkan bahwa mengunyah permen karet sebelum makan bisa menurunkan selera makan sehingga kita pun akan cenderung makan dengan porsi yang lebih sedikit. Alhasil, kita bisa menurunkan asupan kalori harian dengan signifikan.

Mengapa permen karet bisa menurunkan selera makan kita? Para peneliti menyebutkan bahwa selain permen karet yang memang memiliki kadar kalori yang sedikit, rasa permen karet yang manis ternyata bisa bertahan lebih lama di dalam mulut. Dikombinasikan dengan gerakan mengunyah permen karet yang bisa berlangsung sangat lama, maka kita pun akan lebih baik dalam mengendalikan nafsu makan.

Permen karet juga bisa kita jadikan salah satu pengganti camilan. Sebagaimana kita ketahui, mengkonsumsi camilan adalah salah satu penyebab utama mengapa kita bisa sampai mengalami kenaikan berat badan. Dengan mengganti camilan ini dengan permen karet, kita sudah bisa menurunkan asupan 40 kalori lebih rendah. Selain itu, dengan mengunyah permen karet saja, kita sudah membantu tubuh membakar 11 kalori dalam 1 jam.

Dengan mengunyah permen karet, maka kita juga akan merangsang produksi air liur. Padahal, di dalam air liur ini terdapat enzim pencernaan yang akan membantu saluran pencernaan lebih lancar.

Hanya saja, para peneliti juga menyebutkan bahwa kita tidak bisa hanya mengandalkan permen karet untuk menurunkan berat badan. Ada baiknya kita juga menjaga pola makan yang sehat dan rutin melakukan olahraga agar berat badan bisa turun sesuai dengan yang kita harapkan.