Permainan Anak-Anak Untuk Mengembangkan Kreatifitas Anak

DokterSehat.Com – Siapa orangtua yang tak senang jika anaknya kreatif dan cerdas, begitu pula Anda? Banyak orangtua malah memberikan mainan yang tidak baik untuk anaknya. Sering saya bertemu balita yang sudah main hp. Si anak merasa senang dengan mainan yang satu ini, padahal itu bukan mainan. Tapi ketika hp itu diambil, maka si anak akan menangis. Memang tidak salah anak memegang atau memainkan hp, tapi hp yang ia pegang itu tidak akan merangsang kreatifitasnya.



Untuk lebih memahami konsep yang benar tentang bagaimana bermain dapat meningkatkan sifat kreatif sang anak maka artikel ini sangat sesuai untuk dibaca.

Konsep bermain yang benar

Bermain adalah dunia anak. Namun sayangnya banyak orang tua yang sering menganggap bahwa anak-anak mereka terlalu banyak menghabiskan waktu mereka untuk bermain. Padahal, salah satu cara yang tepat untuk mengembangkan kreativitas anak agar optimal adalah dengan bermain.

Menurut para psikolog anak terdapat empat faktor penentu suatu tumbuh kembang anak, yaitu faktor psikomotorik, kognitif, emosi dan sosial. Semua faktor tersebut harus berkembang tidak hanya sejalan namun juga seimbang. Menurut fakta, sejak lahir anak telah diharuskan melalui berbagai tahapan dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Apabila ada satu tahap saja dari proses perkembangan anak yang terlewati maka ini berarti ada yang tak sesuai dengan proses yang normal. Hal ini akan mempengaruhi tahapan perkembangan sang anak selanjutnya pada saat dia lebih besar. Bila ada tahapan perkembangan yang tidak harmonis, kemungkinan besar anak akan mengalami kesulitan di masa dewasanya.

Permainan anak-anak untuk mengembangkan kreatiitas anak

Bermain adalah salah satu aktivitas untuk menstimulasi empat faktor penentu tumbuh kembang anak tersebut. Dengan demikian orangtua masa kini tak perlu terlalu sering mengeluh bahwa anak terlalu banyak bermain. Karena, bermain dapat memberi banyak keuntungan bagi sang anak asalkan diawasi selama bermain. Selain itu berbagai kendala yang menjadi penghalang bagi anak untuk mengembangkan kreatifitasnya lewat bermain perlu diatasi. Diantaranya adalah lokasi bermain. Kebanyakan orang tua yang langsung memilih pusat belanja sebagai tempat buah hati bermain tidak selalu tepat karena rumah, taman dan lingkungan sekitar selalu dapat menjadi tempat bermain yang ideal bila dikondisikan.

Baca Juga:  Obat Tradisional Infeksi Telinga Pada Anak

Selain itu, perubahan lingkungan yang cenderung individualis cenderung menjadi problem terutama bagi anak-anak di daerah perkotaan. Akibatnya banyak anak yang kurang dalam permainan yang memerlukan kerjasama. Sehingga tumbuh menjadi anak yang mengalami kesulitan bersosialisasi. Pada prinsipnya Permainan Anak-Anak Untuk Mengembangkan Kreatifitas Anak adalah yang melibatkan hubungan yang baik antara anak dengan orang tua ataupun dengan teman sebayanya, yang dapat dilakukan di sela-sela kesibukan sehari-hari dengan mainan yang tidak harus mahal namun menarik.