Perlukah Kita Khawatir Jika Warna Kotoran Saat BAB Hitam?

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-hemoroid

DokterSehat.Com– Meskipun terkesan jorok, pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu mengecek warna kotoran saat buang air besar. Dengan melakukannya, maka kita bisa mengetahui apakah kondisi saluran pencernaan berada dalam kondisi yang sehat atau tidak. Namun, kadangkala kita menemukan kotoran kita memiliki warna hitam. Apakah kita perlu mengkhawatirkan perubahan warna kotoran ini?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa kemungkinan mengapa kotoran bisa berwarna hitam. Ada yang biasa saja karena perubahan pola diet, namun ada pula yang disebabkan oleh penyakit berbahaya. Berikut adalah berbagai penyebabnya.

Terjadi pendarahan di saluran pencernaan
Warna hitam ternyata bisa disebabkan oleh kotoran yang sudah tercampur dengan darah. Biasanya, yang mengalami pendarahan adalah saluran cerna bagian atas seperti kerongkongan atau lambung. Karena melewati saluran cerna bagian bawah atau usus yang biasanya prosesnya cukup lama, maka warnanya pun berubah dari merah menjadi hitam. Jika hal ini cukup sering terjadi, ada baiknya kita mewaspadai kemungkinan adanya tumor.

Kanker usus besar
Cancer Research UK menyebutkan bahwa kerap mengeluarkan kotoran berwarna hitam bisa jadi adalah tanda dari kanker usus besar. Mau tidak mau kita harus segera memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Gastritis
Kadangkala lapisan dalam perut membengkak akibat dari konsumsi makanan yang terlalu pedas atau minuman keras dan akhirnya menyebabkan pendarahan. Meskipun terlihat sepele, ada baiknya kita mewaspadainya karena jika sering terjadi, bisa jadi lapisan lambung dan berbagai kelenjar akan semakin terkikis. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan pedas dan tidak lagi meminum alkohol.

Jadi, sudahkah anda mengecek seperti apa warna kotoranmu saat BAB hari ini?