Perkembangan Teknologi Memicu Munculnya Beberapa Penyakit Mata

DokterSehat.Com – Perkembangan teknologi bisa memberikan dampak yang positif dan negatif bagi kehidupan manusia. Teknologi jelas membantu banyak orang melakukan berbagai hal dengan lebih cepat, lebih mudah, dan dengan lebih baik. Sayangnya, perkembangan teknologi juga bisa memberikan dampak buruk bagi manusia, khususnya pada organ mata kita. Selain layar televisi, penggunaan gadget yang berlebihan ternyata juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan mata. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-menjaga-kesehatan-mataMiopia-Rabun-dekat-Mata-jauh

Kita bisa melihat contoh dimana banyak orang yang menggunakan gadget dari bangun pagi hingga sebelum tidur. Sinar biru yang dikeluarkan oleh monitor gadget ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan mata, seperti membuat mata cepat lelah. Bahkan, banyak orang yang mengaku mendapatkan masalah kurang tidur karena paparan layar gadget ini. Pakar kesehatan menyebutkan hal ini sebagai masalah kesehatan digital eye strain atau ketegangan mata digital.

Ketegangan mata digital sendiri bisa dijelaskan sebagai mata yang mengalami rasa tidak nyaman setelah menatap layar gadget layaknya ponsel, tablet, laptop, atau bahkan monitor komputer meja. Selain dikarenakan layar yang terlalu terang, seringkali kita menatap layar gadget dengan jarak yang terlalu dekat sehingga mata pun tanpa kita sadari mengalami stress.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat dan melibatkan 80 partisipan menunjukkan jika hampir semua orang akan menggunakan lebih dari satu peralatan digital. Selain bekerja dengan memakai komputer atau laptop, banyak orang yang juga masih menggunakan tablet atau ponsel untuk mengecek email atau bahkan sekadar bermain game dan melihat media sosial.

Untuk menghindari masalah kesehatan pada mata karena penggunaan peralatan digital, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memakai aturan 20-20-20 dimana setiap kita menatap layar komputer atau gadget selama 20 menit, ada baiknya kita mengistirahatkan mata selama 20 detik atau melakukan peregangan dengan cara berjalan sejauh 20 langkah. Selain itu, cobalah untuk menjaga jarak saat kita menatap layar komputer dan gadget dan cobalah untuk menggunakan kecerahan layar yang paling minimum sehingga mata pun tidak akan mudah lelah.