Perkembangan Janin 9 Bulan: Bayi Segera Lahir

doktersehat-gizi-trimester-2

DokterSehat.Com– Menjelang persalinan, pergerakan dan posisi tubuh Anda menyebabkan ketidaknyamanan, apakah saat duduk, berbaring atau berdiri. Setiap gerakan membutuhkan upaya karena hamil 9 bulan.

Perut Anda telah menjadi besar, itulah mengapa sulit untuk menemukan posisi yang nyaman saat tidur. Kurang tidur dan beban berat dapat menyebabkan perasaan kelelahan yang konstan. Bahkan merasa kikuk dan lelah.

Bagaimana perasaan menjalani hamil 9 bulan?

  • Jika kehamilan pertama Anda, kepala bayi sudah pindah ke daerah panggul.
  • Rahim menempatkan perut dan diafragma di bawah tekanan menjadi kurang, jadi, untungnya, sakit maag, sakit perut, dan sesak napas jarang terjadi. Tetapi ada perasaan berat di perut bawah sebagai gantinya. Ada kemungkinan bahwa karena tekanan pada kandung kemih mendesak untuk buang air kecil akan menjadi lebih sering.
  • Keluarnya cairan dari vagina menjadi lebih tebal dan mengandung lebih banyak lendir, di mana garis-garis darah dapat terlihat. Mereka mungkin menjadi lebih jelas setelah pemeriksaan internal atau hubungan seksual. Bahkan perutmu akan terasa gatal.
  • Serviks rahim tumbuh perlahan dalam persiapan untuk persalinan. Kontraksi lebih sering, dan terkadang Anda akan merasa segera melahirkan. Tetapi jika kontraksi tidak teratur maka itu hanya disebut “kontraksi palsu” sebelum persalinan. Kondisi ini kadang-kadang juga disebut “kontraksi praktik”. Jika kontraksi seperti itu terlalu sering, Anda harus melakukan latihan pernapasan khusus.

Berat badan stabil

Pada minggu ke 38 kehamilan, berat badan menjadi stabil. Jika berat badan Anda kurang dari 13 kilogram, pemulihan berat badan setelah kelahiran tidak akan menyulitkan Anda. Dan sekarang timbang berat badan setiap 2-3 hari atau lebih baik tuliskan indeks berat badan Anda. Saat berat badan Anda berhenti (bahkan mulai berkurang) Anda harus siap untuk awal kelahiran dalam 10 hari ke depan.

Perut besar telah mengubah pusat gravitasi Anda, jadi perhatikan apa yang dirasakan. Pertahankan kaki tegak lurus sesering mungkin untuk mencegah pembengkakan dan varises.

Gaya hidup hamil 9 bulan

Cobalah untuk menghabiskan hari-hari terakhir kehamilan dengan beristirahat. Pekerjaan rumah tangga tidak ada gunanya bagi Anda sekarang. Tunjukkan bakat Anda dalam manajemen: rencanakan pekerjaan untuk suami dan teman Anda.

Jika Anda pergi ke rumah sakit bersalin, suami Anda akan tinggal di rumah sendirian, makanan di lemari es akan menjadi cadangan makanan. Cara ini akan mengajari orang yang Anda cintai untuk memasak. Maka tidak perlu khawatir bahwa dia akan lapar di malam hari.

Bulan terakhir diet kehamilan

Makan 5-6 kali sehari. Masak porsi kecil dan secara bertahap batasi kandungan kalori dari makanan Anda. Benar-benar mengecualikan bahan makanan yang dapat menyebabkan alergi (bahkan jika Anda belum pernah memilikinya). Tindakan semacam itu akan membantu melindungi bayi Anda dari keletihan ini.

Pengemasan untuk rumah sakit bersalin: beli bra khusus untuk ibu menyusui dan jaringan untuk payudara Anda. Kemasi kasus untuk rumah sakit bersalin dengan seksama dengan mempertimbangkan daftar hal-hal yang diperlukan untuk pembuangan – untuk Anda dan bayi Anda.

Kungunjungi dokter setiap minggu

Betapapun sulitnya bagi Anda untuk memenuhi kunjungan rutin ke rumah sakit bersalin, Anda harus melakukannya demi kesehatan bayi dan calon ibu. Ingatlah selalu bahwa pada bulan terakhir kehamilan, Anda harus mengunjungi dokter setiap minggunya.

Seberapa sering bayi bergerak? Jika telah memperhatikan bahwa bayi bergerak kurang dari 10 kali sehari, minta dokter untuk mendengarkan jantung bayi: mungkin janin memiliki gangguan dalam kerja organismenya. Bukan tidak mungkin dokter akan mengirim Anda ke kardiotokografi.

Ini akan memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan penting: bagaimana bayi bernapas, bagaimana gerakannya, apakah jantung bayi bekerja dengan baik, berapa banyak cairan ketuban ada di sekitar janin? Informasi terperinci semacam itu membantu mencegah memburuknya kondisi kesehatan bayi selama persalinan.

Posisi janin yang tepat. Dokter juga akan memeriksa apakah bayinya siap untuk kelahiran dan jika sudah menempati posisi yang tepat: di sisi kiri dengan kepala menghadap ke bawah. Kadang-kadang terjadi bahwa bayi di masa depan bergantian dan berbaring dengan pantatnya turun atau melewati uterus.

Ini adalah alasan lain untuk tidak melewatkan mengungnjungi dokter – dengan demikian dimungkinkan bisa melihat semua perubahan dan mengambil tindakan yang diperlukan.

Tanggal jatuh tempo. Jika kelahiran terlambat dari jadwal tetapi dokter tidak melihat alasan untuk khawatir, Anda juga tidak boleh mengkhawatirkannya. Ditambah atau minus dua minggu untuk perkiraan tanggal jatuh tempo dalam kisaran normal. Bagaimanapun, tidak ada banyak waktu lagi.

Perkembangan janin 9 bulan kehamilan

Selama sebulan terakhir, janin aktif bersiap lahir ke dunia. Pada minggu ke-36, janin menempati seluruh rongga uterus dan itulah sebabnya sekarang tidak bergerak tetapi menendang dengan menyakitkan. Ada kuku yang halus di jari-jari dan jari-jari tangan bayi.

Tahap penting lainnya telah berlalu – pembentukan alat kelamin bayi telah selesai. Zat gelap berkumpul di usus bayi – mekonium atau kotoran mentah. Selama sebulan terakhir, janin akan bertambah sekitar 0,06 kilogram sehari. Pada minggu ke-40, panjang janin sekitar 20 inci, beratnya sekitar 7,8 kilogram.