Perkembangan Janin 8 Bulan: Jantung Terbentuk Sempurna

doktersehat-menjalani-usg

DokterSehat.Com– Pada akhir bulan ke-8 kehamilan, fundus rahim (puncak rahim) secara bertahap meningkat ke proses xifoid dan margin kosta – ini adalah tingkat tertinggi fundus rahim yang mengalami kehamilan. Itu sebabnya ibu hamil mengalami kesulitan bernapas, napas pendek dan ketidaknyamanan selama duduk lama di kursi.

Selain itu, selama bulan ke delapan kehamilan, mood calon ibu terus berubah: aktivitas berlebihan sering berubah menjadi apatis. Calon ibu sering dihantui oleh pikiran tentang hasil kelahiran, menjadi cemas dan kesulitan tidur. Anda perlu menenangkan diri dan menempatkan diri dalam suasana hati yang positif.

Pada akhir kehamilan, organisme ini mengalami reorganisasi psikologis. Depresi dan ketakutan sebelum melahirkan adalah wajar, tetapi perasaan ini harus dibuang dari kepala calon ibu. Anda harus menemukan kesenangan dalam situasi istimewa karena itu akan segera berakhir, maka Anda akan segera menjadi seorang ibu.

Perkembangan janin 8 bulan

Hanya satu bulan yang tersisa sampai tanggal kelahiran: selama waktu ini, bayi dapat memperoleh bobot 1 kilogram. Jika kelahiran dimulai sekarang, bayi pasti akan bertahan hidup.

Selama 8 bulan kehamilan, janin sedang mempersiapkan diri untuk hidup secara mandiri. Sebagian besar bayi telah menundukkan kepala ke bawah ke saluran panggul ibu. Itulah sebabnya perut calon ibu turun dan pernapasan jauh lebih sulit.

Janin masih aktif, tetapi lebih sedikit bergerak; janin telah tumbuh dan memenuhi perut. Pada bulan ke-8, jantung bayi terbentuk sempurna. Tetapi banyak organ internal masih memperbaiki.

Sistem pernapasan bayi siap untuk memastikan fungsi yang sangat penting, yakni bernapas. Tetapi idealnya, bayi tidak cepat keluar – membutuhkan waktu untuk istirahat, bertumbuh, dan peningkatan sistem saraf pusat, endokrin dan kekebalan tubuh.

Selama periode ini, wujud bayi sepenuhnya terbentuk, bisa melihat dan mendengar. Kulitnya halus, tanpa kerutan, bulu telah lenyap. Panjangnya 18 inci dan beratnya sekitar 5,6 kilogram.

Rutin mengunjungi dokter

Pada bulan ke-8 kehamilan (minggu ke-32) dokter akan membuat janji dengan calon ibu setiap dua minggu sehingga Anda dan bayi memiliki perawatan terbaik. Calon ibu harus mengunjungi dokter bahkan jika merasa sehat dan tidak memiliki keluhan. Dokter akan mengontrol frekuensi gerakan bayi, kerja dan bentuk rahim selama pemeriksaan eksternal, memeriksa frekuensi kontraksi, mengukur volume paha calon ibu dan mendiskusikan semua keluhan.

Tes janin kehamilan 8 bulan

  • Pengukuran berat badan dan tekanan darah
  • Tes urine untuk gula dan protein
  • Pengukuran denyut nadi janin
  • Penentuan tinggi fundus uterus
  • Penentuan ukuran dan posisi janin
  • Pemeriksaan tungkai untuk pembengkakan dan varises
  • Echocardiography Doppler
  • Cardiotocography (CTG) –alat pengukur detak jantung janin

Segera hubungi dokter jika mengalami hal ini:

  • Jika pernapasan calon ibu cepat disertai dengan bibir dan ujung jari membiru, nyeri di dada dan denyut nadi cepat, segera hubungi ambulans dan beri tahu dokter.
  • Jika kontraksi palsu menjadi lebih sering (lebih dari 4 kali per jam) dan disertai rasa sakit di punggung, sakit perut atau keluar cairan dari vagina.
  • Jika tanda pertama persalinan muncul

Tips untuk calon ibu

  • Untuk mengatasi kesulitan bernapas, jagalah postur tubuh dan menghindari aktivitas fisik yang berlebihan.
  • Selama gerakan kuat, anak mengubah posisi calon ibu. Ambil napas dalam-dalam sambil mengangkat satu tangan di atas kepala dan kemudian buang napas sambil meletakkannya. Ulangi beberapa kali dengan masing-masing tangan.
  • Untuk mencegah enuresis (sering kencing) setelah melahirkan, lakukan senam kegel (latihan memperkuat otot panggul).
  • Hindari perjalanan panjang, terutama dengan pesawat: Anda tidak dapat membahayakan hidup dan kesehatan bayi. Kehamilan 8 bulan, kelahiran bisa kapan pun dan berisiko yang sangat besar jika tanpa penanganan dokter. Namun, calon ibu harus mencari tahu apakah ada dokter di mana Anda sedang bepergian. Sangat diperlukan untuk mencatat semua kontak dan alamat rumah sakit terdekat.
  • Untuk mengurangi rasa sakit selama kontraksi palsu, cobalah untuk berbaring dan beristirahat. Setelah mengubah posisi, kontraksi biasanya berhenti. Jika kejang tidak berhenti tetapi meningkat, segera panggil ambulans.
  • Cobalah mandi dengan didampingi suami, untuk membantu Anda masuk ke kamar mandi. Sebaiknya pakai alas karet di dasar lanctai kamar mandi untuk mencegah jatuh terpeleset. Setelah selesai mandi, kembali meminta bantuan suami untuk keluar dari kamar mandi.

Mengubah kebiasaan ibu hamil

Ketika berat badan naik drastis untuk mengawasi korelasi antara jumlah cairan yang Anda minum dan jumlah urine yang dikeluarkan (selisih 200-300 ml adalah normal).

Jika ada intensitas buang air berkurang bisa jadi cairan tersendat, segeralah konsultasikan dengan dokter. Intinya adalah bahwa kelebihan cairan mengganggu kerja ginjal, menempatkan tekanan tambahan pada jantung dan menyebabkan ketegangan arteri yang tinggi. Akibatnya, bayi menderita, yang mengakibatkan calon bayi tidak mendapat cukup nutrisi dan oksigen.

Jangan konsumsi makanan asin, makanan yang diasapi, dan makanan pedas untuk mempertahankan asupan cairan. Calon ibu hanya diperbolehkan mengonsumsi hanya 0,7 kilogram per minggu. Pertimbangkan; berat badan Anda bertambah karena berat badan bayi terus bertambah, dan cairan ketuban masih berkumpul, tetapi bukan karena berat badan pribadi Anda.

Ketidaknyamanan hamil 8 bulan

  • Napas pendek yang disebabkan oleh posisi tinggi janin menekan diafragma calon ibu, ini akan berhenti setelah janin akan turun ke panggul setelah minggu ke-36.
  • Peningkatan sensitivitas tulang rusuk – janin dapat mengganggu calon ibu lebih dari biasanya karena gerakan-nya, terkadang kaji janin berada di bawah tulang rusuk Anda.
  • Mengeluarkan cairan saat bersin atau tertawa. Ini karena rahim menekan kandung kemih calon ibu
  • Berat badan bertambah
  • Kontraksi rahim yang menyakitkan
  • Tidur gelisah

Menjalani USG hamil 8 bulan

Ultrasonography (USG) harus dilakukan berdasarkan rujukan dari dokter, 26-30 minggu kehamilan. Apakah Anda dapat melihat wajah bayi tergantung pada posisi bayi. Jika calon bayi berbaring menghadap ke luar, dengan segumpal cairan ketuban yang bagus di sekitar wajahnya, Anda harus dapat melihat wajahnya dengan sangat jelas.