Perkembangan Janin 2 Bulan: Bayi Diikat ke Rahim

doktersehat-kehamilan

DokterSehat.Com– Bulan kedua kehamilan telah datang. Pastinya seorang wanita akan mendapatkanperan barunya sebagai seorang ibu. Wanita bisa benar-benar disebut “seorang ibu” karena pada akhir bulan kedua seorang manusia kecil sangat nyata hidup, tumbuh dan berkembang di rahimnya.

Apa yang terjadi pada tubuh ibu hamil?

Bulan kedua kehamilan seorang wanita tidak lagi merasakam morning sickness, pusing, ngidam makanan asin atau asam dan kesenangan lain. Keseimbangan hormon organisme berubah; uterus mulai tumbuh, plasenta aktif berkembang.

Ibu yang hamil bisa merasa sangat lelah dan mengantuk. Kebutuhan untuk pergi ke toilet untuk buang air kecil juga lebih sering muncul, jadi Anda harus pergi ke kamar mandi hampir setiap setengah jam. Hal ini dapat dijelaskan oleh fakta bahwa rahim yang berkembang menekan kandung kemih. Sekarang ukurannya adalah oranye dan terletak lebih rendah daripada tulang, jadi secara teori perut seharusnya tidak membesar. Tetapi itu hanya dalam teori, karena karena hormon yang berubah dan usus Anda bisa membengkak. Akibatnya, perut wanita akan membesar.

Terlepas dari penyakit, yang sudah datang pada bulan pertama kehamilan, calon ibu dapat terganggu oleh muntah, sembelit, sakit maag dan peningkatan air liur.
Beberapa wanita mulai makan banyak, sementara beberapa wanita sebaliknya, mengeluh hilangnya nafsu makan. Payudara juga terus membengkak dan berubah. Sakit kepala bisa muncul. Tetapi ketiadaan semua tanda ini sama sekali tidak berarti bahwa Anda tidak hamil. Setiap reaksi tubuh unik dan tidak ada yang namanya dua kehamilan yang benar-benar identik.

Infeksi berbahaya selama kehamilan

Virus, termasuk flu yang dapat dengan bebas memasuki plasenta. Dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada janin di bulan kedua kehamilan. Jadi, selama musim kemarau dan musim hujan, epidemi mencoba melindungi diri Anda dan calon bayi Anda. Hindari tempat-tempat ramai dan transportasi umum.

Jika Anda harus pergi bekerja, olesi lubang hidung Anda dengan salep oxolinic sebelum keluar dari rumah. Obat tradisional yang baik adalah minyak bawang putih, yang bisa dibuat sendiri di rumah. Jika toksikosis memungkinkan, pakai larutan minyak bawang putih pada hidung setiap satu setengah atau dua jam. Bau tidak enak yang kuat dapat ditoleransi, tetapi tidak ada virus musiman yang akan bertahan hidup di lingkungan yang penuh dengan phytoncides.

Jika tempat kerja ibu hamil penuh dengan rekan-rekan yang sedang sakit, jangan ragu-ragu untuk meminta ruangan lain pada atasan Anda, ini adalah hak dari setiap ibu hamil.

Hal utama untuk ibu hamil adalah menempatkan diri dalam suasana hati yang baik:
Banyak tersenyum,

  • Mendengarkan musik yang bagus dan tenang
  • Mendapatkan udara segar yang cukup
  • Menikmati alam dan komunikasi dengan orang-orang
  • Idealnya, ibu hamil sebaiknya menghabiskan bulan kedua kehamilan tidak di tempat kerja, sebaiknya di rumah

Tes harus dilakukan di masa kehamilan 2 bulan

Saat ini, sebagian besar ibu hamil telah mengunjungi klinik bersalin. Jika Anda belum melakukannya, segeralah bergegas dan kunjungi dokter. Di gynecologist (kebidanan), berat badan dan tekanan darah akan diambil. Dokter akan membuat janji untuk ibu hamil mengambil tes darah dan urine (analisis umum, tes urine untuk gula dan protein, tes darah untuk AIDS dan sifilis), untuk menjalani pemeriksaan oleh dokter umum, dokter THT, ahli mata dan dokter gigi. Dokter kandungan akan mengambil apusan vagina untuk pemeriksaan mikroskopis.

Tes lainnya juga akan diperlukan. Tes urine untuk HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) atau hormon peptida, akan menunjukkan apakah kemajuan kehamilan normal. Tes darah untuk hemostasis akan memperkirakan koagulasi darah – yang akan membantu mengambil tindakan pencegahan terhadap gangguan kehamilan prematur. Dokter akan memeriksa lengan dan tungkai yang kemungkinan kemungkinan mengalami pembengkakan dan varises.

Pada awal bulan kedua wanita hamil dengan golongan darah O, yang suaminya memiliki golongan darah lain, diresepkan analisis untuk imunoglobulin. Tes ini akan membantu mencegah kemungkinan kerusakan kekebalan. Ibu-ibu masa depan yang memiliki masalah dengan kelenjar tiroid harus lulus ujian di endokrinologi selama bulan ini.

Bagaimana perkembangan janin 2 bulan?

Masa kehamilan dua bulan, bayi aman diikat ke rahim. Plasenta terus terbentuk – nasib dan kesehatan janin bergantung pada organ ini. Pada awal bulan kedua kehamilan janin ini memiliki ukuran sekitar 1,5 mm. Pada akhir bulan ukurannya akan mencapai 12-20 mm. Jaringan-jaringan yang dikembangkan selama bulan pertama berubah menjadi organ internal yang nyata. Yang baru memiliki tubuh, kepala, lengan dan kaki, dan bahkan jari dan telinga. Wajah terbentuk. Hidung, bibir, langit-langit dan mata muncul. Alat kelamin mulai terbentuk. Organisme anak laki-laki mulai memproduksi testosteron. Pada minggu kelima (dasar-dasar spermatozoa atau ovula) terbentuk.

Sistem endokrin terbentuk, berbagai kelenjar muncul. Jantung sudah terbagi menjadi empat ruang, pembuluh mayor dan dangkal terbentuk, dan duktus muncul di hati. Tabung saraf (kelainan sistem saraf masa depan) tertutup, otak menjadi lebih besar dan lebih rumit, lengan dan kaki mendapatkan otot, sehingga bayi melakukan gerakan pertamanya. Konsumsi asam folat akan membantu membentuk sistem saraf yang sehat bagi anak di masa depan.

Sistem pernapasan secara aktif berkembang (hidung, mulut, tenggorokan dan bronkus), darah mulai sirkulasi, dan semua organ dari sistem pencernaan terbentuk.

Pertolongan medis

Hubungi ambulans atau segera kunjungi rumah sakit bersalin jika ibu hamil mengalami rasa sakit yang mengganggu di perut, ekskreta dari payudara atau alat kelamin Anda, buang air kecil yang menyakitkan, suhu tubuh yang tinggi, mual dan muntah lebih dari 2-3 kali sehari, dan perdarahan. Ini adalah tanda bahaya atau awal dari keguguran.

Ekskresi netral tanpa warna atau bau juga perlu disebutkan di dokter kandungan.

Awal bulan kedua kehamilan berbahaya bagi wanita dengan hiperandrogenisme (gangguan endokrin) karena dalam hal ini keseimbangan hormonal terganggu dan tidak menguntungkan untuk kehamilan. Ibu hamil harus berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki rambut tubuh yang berlebihan, bahu yang lebar, pinggul yang sempit, kulit wajah atau kepala yang berminyak, dan berjerawat.

Anda juga harus segera mengunjungi dokter dengan penyakit catarrhal (radang selaput lendir) karena hal-hal seperti itu dapat memengaruhi perkembangan plasenta dan bayi, yang memerlukan tindakan pencegahan.

Sensasi tidak menyenangkan selama bulan kedua kehamilan:

  • Sering buang air kecil
  • Mual, muntah, air liur berlebihan
  • Sembelit
  • Mulas, sakit perut, meteorisme; kondisi akut gastritis
  • Kehilangan nafsu makan dan keinginan makan
  • Pembengkakan payudara, puting yang menghitam, kelenjar yang membengkak muncul di sekitar puting, diucapkan bersih dari pembuluh darah;
  • Sakit kepala
  • Pingsan dan pusing
  • Lekas marah, kurangnya pengendalian diri, mudah menangis, kecemasan, ketakutan,
    kegembiraan, pergolakan emosi
  • Pembuluh mekar
  • Perubahan kulit
  • Pembengkakan
ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik