Topiramate – Peringatan dan Kontraindikasi

DokterSehat.Com– Topiramate dapat menyebabkan kerusakan pada janin di dalam kandungan, namun ibu hamil yang mengalami kejang selama kehamilan juga dapat membahayakan ibu tersebut dan juga janin dalam kandungannya. Beritahu dokter Anda saat Anda menggunakan obat untuk kejang. Jangan mulai atau berhenti mengkonsumsi topiramate selama kehamilan tanpa saran dokter.

topiramate

Carilah bantuan darurat jika Anda memiliki perubahan pengelihatan tiba-tiba atau rasa sakit di sekitar atau di belakang mata. Ini mungkin merupakan tanda awal dari efek samping yang serius dan permanen terhadap penglihatan Anda.

Jangan berhenti menggunakan topiramate tanpa terlebih dahulu berbicara dengan dokter Anda, biarpun Anda merasa baik-baik saja. Anda mungkin mengalami peningkatan kejang jika Anda berhenti menggunakan topiramate secara tiba-tiba. Sebelum menghentikan obat, Anda perlu mengurangi dosis sedikit demi sedikit sampai akhirnya obat dihentikan.

Hubungi dokter Anda jika kejang lebih parah atau Anda lebih sering mengalami kejang ketika mengkonsumsi topiramate.

Apa yang harus saya diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan saya sebelum mengkonsumsi topiramate (Topamax, Topamax Sprinkle, Topiragen)?
Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi topiramate jika Anda alergi terhadapnya.

Untuk memastikan Anda dapat mengkonsumsi topiramate dengan aman, beritahu dokter Anda jika Anda memiliki kondisi lain sebagai berikut:

  • penyakit ginjal atau riwayat batu ginjal
  • penyakit hati
  • glaukoma
  • riwayat depresi atau usaha bunuh diri
  • gangguan pertumbuhan
  • riwayat asidosis metabolik
  • osteoporosis atau kepadatan tulang yang rendah
  • asma, emfisema, atau gangguan pernapasan lainnya
  • jika Anda hamil atau berencana untuk hamil saat menggunakan topiramate

Anda mungkin memiliki pikiran tentang bunuh diri saat mengkonsumsi topiramate. Beritahu dokter Anda jika Anda memiliki gejala depresi, kegelisahan, atau pikiran bunuh diri yang baru atau memburuk. Keluarga Anda atau pengasuh lainnya juga harus waspada terhadap perubahan mood atau gejala yang dirasakan Anda. Dokter Anda perlu memeriksa Anda pada kunjungan rutin.

Baca Juga:  Topiramate - Interaksi dengan Alkohol, Diet Keto, dan Obat Lainnya

Kategori kehamilan FDA D, artinya, mengkonsumsi topiramate selama kehamilan dapat meningkatkan risiko bibir sumbing dan/atau sumbing langit-langit mulut pada bayi yang baru lahir. Jangan mulai mengkonsumsi topiramate tanpa memberi tahu dokter Anda jika Anda hamil atau berencana untuk hamil. Gunakan alat kontrasepsi yang efektif saat Anda menggunakan topiramate.

Pengendalian kejang sangat penting selama kehamilan. Manfaat mencegah kejang mungkin lebih besar daripada risiko yang ditimbulkan dengan mengkonsumsi topiramate. Ikuti instruksi dokter Anda tentang mengkonsumsi topiramate saat Anda hamil.

Meskipun topiramate dapat membahayakan bayi yang belum lahir, mengalami kejang selama kehamilan dapat membahayakan ibu dan bayi. Jika Anda hamil saat mengkonsumsi topiramate, jangan berhenti minum obat tanpa saran dokter Anda.

Topiramate bisa membuat pil KB kurang efektif. Tanyakan kepada dokter Anda tentang penggunaan metode kontrasepsi non-hormon (seperti kondom, diafragma, spermisida) untuk mencegah kehamilan saat mengkonsumsi topiramate. Jika Anda tidak merencanakan kehamilan saat mengkonsumsi topiramate, gunakan kontrol kelahiran yang efektif, dan beritahu dokter Anda jika Anda hamil selama perawatan.

Topiramate bisa masuk ke ASI dan bisa membahayakan bayi yang sedang menyusui. Jangan gunakan obat ini tanpa memberi tahu dokter Anda tentang kondisi Anda yang sedang menyusui.

Topiramate – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4