Asam Valproat – Peringatan

Dalam kasus yang jarang terjadi, asam valproat telah menyebabkan kegagalan hati yang mengancam jiwa, terutama pada anak-anak di bawah usia 2 tahun. Anak-anak di usia ini mungkin berisiko lebih besar untuk masalah hati jika mereka menggunakan lebih dari satu pengobatan kejang, jika mereka memiliki gangguan metabolisme, atau jika mereka memiliki penyakit otak yang menyebabkan gangguan mental (seperti penyakit Creutzfeldt-Jacob, penyakit Huntington, multiple sclerosis, atau cedera otak atau infeksi).

Asam Valproat

Asam valproat juga menyebabkan kasus pankreatitis yang mengancam jiwa (radang pankreas). Pankreatitis dapat terjadi secara tiba-tiba dan gejalanya mulai terjadi bahkan setelah Anda menggunakan asam valproat selama beberapa tahun. Jangan mengkonsumsi asam valproat jika Anda memiliki penyakit hati atau gangguan siklus urea.

Anda seharusnya tidak minum obat ini jika Anda alergi terhadap asam valproat, atau jika Anda memiliki penyakit hati berat atau gangguan siklus urea.

Untuk memastikan Anda dapat dengan aman mengkonsumsi asam valproat, beritahu dokter Anda jika Anda memiliki kondisi lain berikut ini:

  • penyakit hati
  • gangguan pendarahan atau pembekuan darah
  • riwayat cedera kepala, gangguan otak, atau koma
  • riwayat keluarga dari gangguan siklus urea
  • riwayat keluarga kematian bayi dengan penyebab yang tidak diketahui
  • infeksi HIV atau CMV (cytomegalovirus)

Anda mungkin memiliki pikiran tentang bunuh diri saat minum obat ini. Beritahu dokter Anda jika Anda mengalami depresi atau pikiran bunuh diri baru atau memburuk selama beberapa bulan pertama pengobatan, atau kapan pun dosis Anda berubah.

Keluarga Anda atau pengasuh lainnya juga harus waspada terhadap perubahan mood atau gejala Anda. Dokter Anda perlu memeriksa Anda pada kunjungan rutin. Jangan lewatkan janji temu yang dijadwalkan.

Kategori kehamilan FDA D. Jika Anda hamil, jangan mengkonsumsi asam valproat kecuali jika dokter Anda memberi tahu Anda. Asam valproat dapat merusak janin, namun mengalami kejang selama kehamilan dapat membahayakan ibu dan bayi. Jika Anda hamil saat mengkonsumsi asam valproat, jangan mengentikan obat tiba-tiba kecuali jika dokter Anda menyarankan seperti itu.

Baca Juga:  Asam Valproat - Informasi Penting

Asam valproat juga dapat mempengaruhi perkembangan kognitif pada anak yang lahir dari ibu yang minum obat ini selama kehamilan. Studi telah menunjukkan bahwa anak-anak ini mungkin mendapat nilai lebih rendah pada tes kognitif (penalaran, kecerdasan, dan pemecahan masalah) daripada anak-anak yang ibunya menggunakan obat kejang lainnya selama kehamilan.

Jangan mulai atau berhenti mengkonsumsi asam valproat selama kehamilan tanpa saran dokter.

Pengendalian kejang sangat penting selama kehamilan dan manfaat mencegah kejang mungkin lebih besar daripada risiko yang ditimbulkan dengan menggunakan asam valproat. Ikuti petunjuk dokter tentang mengkonsumsi asam valproat saat Anda sedang hamil.

Asam valproat bisa masuk ke ASI dan bisa membahayakan bayi yang sedang menyusui. Anda seharusnya tidak menyusui saat Anda mengkonsumsi asam valproat.

Asam Valproat – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5