Perilaku Yang Mungkin Disebabkan Oleh PMS

DokterSehat.Com – PMS adalah nightmare bagi seorang wanita dan juga orang-orang di sekitarnya. Rasanya, semua bagian tubuh terasa tidak nyaman, kepala, perut, punggung, dan lainnya. Karena ketidaknyamanan itulah seorang wanita menjadi terpengaruh secara psikologis dan menjadi lebih sensitif.

7

Banyak juga efek samping lainnya yang bersumber dari PMS. Di antaranya seperti berikut ini :

  • Sulit fokus pada pekerjaan
    Anda pasti pernah mengalami masa-masa sulit untuk fokus pada apa yang Anda kerjakan. Bahkan untuk fokus membutuhkan usaha yang lebih daripada mengerjakan pekerjaan itu sendiri. Jika hal ini terjadi setiap bulan dan cukup mengganggu Anda, konsultasikan dengan dokter Anda agar Anda tetap dapat beraktivitas secara normal.
  • Tiba-tiba semua jadi menyebalkan
    Tidak ada masalah yang sedang menerpa Anda, tetapi tiba-tiba semua hal terasa begitu menyebalkan. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh fluktuasi dari neurotransmiter seperti serotonin.
  • Sulit tidur
    Sehari sebelum tamu datang, kadar hormon estrogen dan progresteron akan menurun. Penurunan kadar hormon ini umumnya akan membuat Anda sulit tidur. Hal ini mirip seperti kondisi yang dialami wanita menopause.
  • Lebih canggung dari biasanya
    Meskipun penyebabnya masih misteri, para ahli berpendapat meningkatnya hormon estrogen juga mempengaruhi otak sehingga kondisi Anda kurang stabil pada saat itu.