Perilaku Ini Bisa Mempercepat Metabolisme Tubuh

DokterSehat.Com – Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cara mengendalikan sistem metabolisme pada tubuh. Dengan membuat sistem metabolisme tubuh semakin cepat, maka berat badan pun bisa semakin mudah diturunkan. Sebaliknya, jika sistem metabolisme semakin melambat, maka tubuh pun akan semakin sulit mendapatkan berat badan yang ideal. Melambatnya sistem metabolisme tubuh bisa jadi karena kebiasaan buruk kita sehari-hari layaknya sebagai berikut.

doktersehat-wanita-obesitas-meningkat

Meskipun terlihat sepele, mereka yang jarang mengkonsumsi kopi di pagi hari cenderung akan memiliki sistem metabolisme yang lebih lambat. Pakar nutrisi dan diet menyebutkan jika minuman berkafein akan membuat sistem saraf pusat terstimulasi dan pada akhirnya bisa mempercepat sistem metabolisme hingga 15 persen meskipun hanya akan bertahan selama tiga jam saja. Andaipun anda memiliki masalah asam lambung, anda bisa mencoba kopi yang memiliki kadar kafein lebih rendah sehingga sistem metabolisme tubuh pun menjadi semakin cepat.

Sarapan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan mengingat dengan sarapan, kita akan membuat tubuh memiliki jadwal yang pasti dan menjaga lancarnya sistem metabolisme dalam tubuh. Ada baiknya kita memakan sarapan yang kaya akan karbohidrat dan protein sehingga kita memiliki energi yang cukup untuk aktifitas harian dan mempercepat metabolisme dalam tubuh. selain itu, cobalah untuk makan setidaknya satu jam setelah melakukan olahraga sehingga kita bisa membuat pemulihan otot berjalan dengan lebih baik.

Cobalah untuk tidur dengan teratur dan dalam jam yang cenderung sama setiap malam. Hal ini akan memicu tubuh mendapatkan waktu tidur yang jauh lebih baik dan berkualtias sehingga sistem metabolisme tubuh pun bisa berjalan dengan lebih cepat. Selain itu, pastikan bahwa kita membiarkan sistem pencernaan kita beristirahat di waktu tidur sehingga sistem pencernaan tidak bekerja keras di waktu dimana seharusnya beristirahat dan melakukan detoksifikasi tubuh.

Baca Juga:  Kesehatan Jantung dan Teh Hijau

Trik terakhir yang bisa kita lakukan untuk mempercepat sistem metabolisme tubuh adalah menjaga tubuh agar tetap tidak kekurangan cairan. Dengan tubuh yang terhidrasi dengan baik, maka sistem metabolisme pun akan berjalan dengan lancar dan lebih cepat. Jika kita menemukan air seni kita berwarna kekuningan, ada baiknya kita segera memperbanyak minum air putih sehingga tubuh pun akan semakin terhidrasi dengan baik dan memperlancar sistem metabolisme tubuh.