Periksa Kanker Payudara Cukup Dengan Sadari

DokterSehat.Com – Tahukah Anda bahwa kanker dapat membunuh lebih banyak orang daripada penyakit malaria, aids dan TB? Menurut survey Kementerian Kesehatan RI, 70% pasien kanker terjadi di negara berkembang, dan 43% kanker dapat dicegah.



Jumlah pasien kanker akan meningkat drastis bila Anda tidak berbuat apapun untuk upaya pencegahan. Salah satu cara pencegahan kanker payudara adalah dengan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Meski akurasinya hanya 20 persen tapi tetap dibutuhkan.

Pastikan setiap satu minggu seusai menstruasi untuk melakukan SADARI. Dengan menggunakan tiga jari secara lembut meraba payudara termasuk pada bagian ketiak, tutur dokter Budi dalam acara Breast Cancer Awareness di Plaza Senayan, Jakarta ditulis Jumat (22/10/2015).

Lalu, bagi para ibu-ibu setiap satu tahun sekali melakukan deteksi menggunakan USG. Ini adalah cara deteksi yang nyaman dalam mendeteksi kanker payudara.

Ketika sudah berumur di atas 40-45 tahun mulai bisa melakukan mamografi. Jika semakin dini ditemukan kanker akan lebih baik. Karena jika sudah terkena kanker biaya yang dikeluarkan akan sangat besar, jadi lebih baik untuk rutin lakukan deteksi dini, tuturnya.

BACA JUGA : Tips Mengatasi Kulit Bersisik