Perhatikan, Wanita Sebaiknya Menghindari Konsumsi Makanan Ini

DokterSehat.Com– Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Bagaimana tidak, jika kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan yang kaya lemak atau makanan cepat saji, maka kita justru akan meningkatkan resiko terkena berbagai masalah kesehatan. Bagi kaum hawa sendiri, ternyata ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya mereka hindari jika ingin tetap hidup sehat. Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

doktersehat-lapar-makan-wanita

Beberapa jenis makanan laut
Makanan laut seperti ikan, udang, kerang, dan lain sebagainya dikenal luas baik bagi kesehatan tubuh karena kaya akan kandungan protein dan asam lemak omega 3. Hanya saja, kaum hawa sebaiknya menghindari konsumsi ikan hiu dan ikan cucut karena memiliki kandungan merkuri yang sangat tinggi. Tak hanya berbahaya bagi kesehatan, mengkonsumsi ikan yang kaya merkuri ini bisa membuat wanita yang sedang hamil mengalami gangguan kesehatan atau masalah perkembangan pada janinnya. Selain ikan hiu dan ikan cucut, kaum hawa juga sebaiknya membatasi asupan berbagai jenis kerang.

Makanan kalengan
Meskipun mudah dan praktis untuk diolah, makanan kalengan ternyata banyak mengandung bisphenol-A (BPA). Kandungan ini adalah estrogen sintetis yang jika masuk ke dalam tubuh wanita bisa memicu datangnya beberapa jenis penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, obesitas, dan gangguan reproduksi.

Makanan manis
Siapa sih yang tidak suka dengan makanan manis seperti kue atau biskuit? Tak hanya enak, makanan yang terasa manis disebut-sebut bisa membuat pikiran kita menjadi lebih tenang. Sayangnya, makanan-makanan manis yang memiliki kandungan gula putih, gula merah, atau sirup jagung yang berlebihan ternyata bisa memicu ketidakseimbangan hormon pada kaum hawa. Tak hanya itu, mengkonsumsi makanan manis dengan berlebihan juga bisa memicu obesitas, diabetes, gangguan siklus menstruasi, hingga sindrom PCOS.