Perhatikan Konsumsi Makanan Sebelum dan Setelah Berolahraga

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika olahraga sebaiknya dilakukan sebelum kita melakukan sarapan pagi. Uniknya, sebagian orang lain justru menganggap jika olahraga sebaiknya dilakukan setelah makan agar kita memiliki energi yang cukup dan mengurangi resiko jatuh pingsan. Untuk pendapat ini, pakar kesehatan sepertinya masih memihak pada mereka yang berolahraga dengan kondisi perut yang sudah terisi meskipun banyak orang yang berpikir jika sarapan pagi bisa membuat mereka mual-mual atau bahkan muntah-muntah saat berolahraga. Sebenarnya, apa sajakah yang perlu dipersiapkan agar olahraga menjadi maksimal?

doktersehat-minum-air-putih-olahrag

Pakar kesehatan sangat tidak menyarankan untuk melakukan olahraga jika kondisi perut kita sedang kosong, apalagi jika kita melakukan olahraga yang cenderung intens layaknya jogging dalam jarak yang cukup jauh. Dengan membiarkan perut dalam kondisi kosong, tubuh akan mendapatkan tekanan yang sangat luar biasa mengingat tidak ada kandungan gula yang bisa diserap untuk dijadikan energi, sehingga kita pun akan cenderung mudah lelah dan olahraga justru akan menjadi tidak maksimal untuk dilakukan.

Hanya saja, pakar kesehatan justru menyebutkan jika sebelum berolahraga, ada baiknya kita mengkonsumsi karbohidrat yang cukup ringan saja agar kalori yang dibakar selama olahraga bisa menjadi maksimal. Selain itu, cobalah untuk mengkonsumsi karbohidrat ringan ini setidaknya satu jam sebelum melakukan latihan fisik . Beberapa jenis makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi sebelum berolahraga adalah roti dengan olesan selain kacang, pisang, atau sebiji buah apel. Ingatlah bahwa meskipun ada trainer pusat kebugaran yang manyarankan kita berolahraga dengan kondisi perut yang kosong dengan alasan bisa meningkatkan pembakaran kalori, hal ini ternyata tidak benar adanya dan sama sekali tidak disarankan oleh pakar kesehatan.