Perhatikan Hal Yang Menyebabkan Gangguan Pada Sendi Rahang

DokterSehat.Com – Pernahkah anda menyadari betapa pentingnya rahang pada kepala anda? Banyak orang yang tidak begitu mempedulikan pentingnya rahang. Padahal, dengan adanya rahang, kita bisa melakukan begitu banyak hal dari berbicara atau bahkan mengunyah makanan. Tanpa adanya rahang, kita tentu akan kesulitan untuk berkomunikasi dan memenuhi asupan makanan yang kita butuhkan. Untuk bergerak, rahang memiliki sendi yang disebut sebagai temporo mandibular joint atau bisa disingkat menjadi TMJ. Sendi ini haruslah bergerak sesempurna mungkin dan dikendalikan dengan otot-otot sehingga semua gerakan pada rahang ini bisa dilakukan dengan sempurna.

doktersehat-skait-gigi

Meskipun sangat penting, banyak dari kita yang tidak begitu menjaga kesehatan dari sendi rahang. Sebagai contoh, banyak dari kita yang memilih untuk mengunyah makanan pada satu bagian mulut saja secara terus menerus. Kebiasaan ini ternyata bisa memicu rahang yang tidak berfungsi secara seimbang sehingga bisa memicu masalah kerusakan gigi dan infeksi pada area mulut. Sayangnya, kebiasaan mengunyah makanan pada satu sisi saja ini ternyata banyak dilakukan oleh masyarakat modern, khususnya masyarakat urban.

Banyak masyarakat modern yang berada di perkotaan memakan makanan yang kurang sehat untuk sendi rahang, Makanan cepat saji dan juga minuman bersoda ternyata bisa membuat efek buruk bagi sendiri rahang. Selain itu, demi fashion, banyak orang yang melakukan perawatan berupa gigi yang diratakan atau bahkan harus dicabut. Perawatan gigi atau orthodonti ternyata bisa memaksa gigi menjadi masuk ke dalam gusi sehingga otot rahang pun menjadi tidak seimbang dan bagian sendinya pun bekerja dengan tidak normal. Selain itu, banyaknya anak-anak kecil yang menghisap jari juga bisa membuat sendi rahang mengalami masalah.

Baca Juga:  Pijat Payudara Untuk Mencegah Kanker

Jika sendi rahang mengalami masalah, kita bisa mendengar bunyi “klak” saat kita menutup rahang. Selain itu, kita juga mengalami kesulitan atau rasa sakit saat membuka tutup rahang dan pada akhirnya akan mengalami dengung pada pendengaran dan juga rasa sakit kepala yang berulang-ulang. Jika anda mengalami gejala-gejala ini, segera periksakan kondisi anda ke dokter yang mampu mengecek kondisi rahang dengan baik agar mendapatkan penanganan yang tepat