Perhatikan Hal Ini Sebelum Anda Memulai Perjalanan Jauh di Akhir Pekan

DokterSehat.Com – Musim libur panjang akhir tahun memang telah berakhir, namun, bukan berarti banyak orang kini hanya berdiam di rumah saja atau melakukan aktifitas harian tanpa melakukan perjalanan jauh. Banyak orang yang tidak ingin melewatkan akhir pekan sebagai waktu untuk piknik, bepergian, atau sekadar refreshing dari segala kepenatan pekerjaan. Masalahnya adalah, waktu akhir pekan yang tidak terlalu lama bisa jadi akan membuat tubuh tidak beristirahat dengan maksimal dan saat hari kerja tubuh bisa jadi sakit atau kelelahan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk dapat melakukan perjalanan di akhir pekan.

doktersehat-mobil-travle

  • Jangan Hanya Mengandalkan Vitamin
    Awal tahun sangat identik dengan musim hujan, dan andai kita ingin bepergian di musim hujan, maka kita tentu harus memastikan tubuh tetap dalam kondisi paling fit sehingga tidak akan mudah jatuh sakit. Jika kita adalah orang yang mendapatkan waktu tidur yang cukup, mengkonsumsi makanan yang baik dengan pola makan yang sehat, serta sering melakukan olahraga, maka tubuh pun akan siap dan tidak akan mudah sakit saat melakukan perjalanan di akhir pekan. Banyak orang yang berkata jika untuk melakukan perjalanan di akhir pekan, maka kita tentu membutuhkan asupan vitamin yang banyak. Vitamin memang bisa menambah kuat pertahanan tubuh, namun, ada baiknya kita tidak hanya mengandalkan vitamin mengingat beberapa pakar kesehatan justru berkata bahwa konsumsi suplemen atau vitamin hanya akan memberikan efek positif yang tidak terlalu signifikan.
  • Tingkatkan Higienitas dan Sanitasi
    Saat anda melakukan perjalanan di akhir pekan, anda haruslah rajin-rajin mencuci tangan sebelum memakan jajanan atau minuman baik itu yang anda sendiri atau yang anda beli di pinggir jalan. Tangan kita berpotensi bersentuhan dengan banyak barang yang juga disentuh oleh banyak orang sehingga anda tentu harus rajin mencuci tangan atau setidaknya membawa hand sanitizer botolan yang praktis. Selain itu, jika anda memakai kendaraan umum, jangan ragu untuk membersihkan kursi kendaraan tersebut baik itu kursi bus atau kursi pesawat dengan tisu anti bakteri.
Baca Juga:  Cara Menjaga Kehamilan Muda

Beberapa orang melakukan perjalanan di akhir pekan dengan kendaraan sendiri. Hal ini berarti anda tentu harus mempersiapkan fisik dengan baik agar tidak mudah kelelahan saat berkendara. Jika anda telah mengantuk, jangan segan untuk berhenti dan beristirahat untuk mengurangi resiko kecelakaan. Jika anda memakai sepeda motor, jangan lupa untuk memakai masker yang bisa mengurangi paparan polusi udara dan juga jaket pelindung dada untuk meminimalkan resiko mendapatkan penyakit dan kelelahan pada tubuh.