Perhatikan Hal Ini Agar Perut Tidak Begah Saat Buka Puasa

DokterSehat.Com– Bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa, waktu berbuka tentu saja akan menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu. Pada saat inilah mereka bisa menghilangkan rasa lapar dan dahaga setelah seharian tidak bisa mengkonsumsi makanan atau minuman apapun. Sayangnya, banyak dari kita yang mengalami masalah perut begah saat buka puasa sehingga tentu akan membuat badan terasa tidak nyaman. Tak hanya itu, perut yang begah juga bisa membuat kita malas melakukan ibadah salat tarawih. Agar perut tidak terasa begah, ada baiknya kita memperhatikan hal berikut ini saat berbuka puasa.

doktersehat-sakit-perut-mulas-Infeksi-Saluran-Kemih -isk

Menghindari air es
Hal pertama yang harus kita perhatikan saat berbuka puasa adalah minum air. Tak hanya bisa menghilangkan dahaga, minum air juga bisa mengembalikan cairan tubuh yang sempat menyusut drastis selama berpuasa. Tak hanya itu, adanya cairan akan membantu proses metabolisme tubuh berjalan dengan lancar. Hanya saja, ada baiknya kita tidak mengkonsumsi air es atau air dingin saat berbuka puasa. Memang, minuman dingin akan sangat menggoda dan terasa menyegarkan. Sayangnya, mengkonsumsi minuman dingin saat lambung masih kosong bisa menyebabkan perut kembung atau bahkan masalah asam lambung.

Tidak langsung makan besar
Saat buka puasa, ada baiknya kita tidak langsung makan besar karena perut yang kosong dalam waktu yang lama bisa kaget jika langsung diberi makanan dengan jumlah yang banyak. Jika kita melakukannya, maka perut pun bisa terasa begah. Konsumsilah makanan-makanan yang ringan terlebih dahulu layaknya kurma, buah segar, atau kolak pisang. Jika mampu, cobalah menahan makan besar hingga setelah salat tarawih agar perut tidak terasa berat dan penuh saat melakukan ibadah tersebut. Hanya saja, jika kita sudah sangat lapar, konsumsilah nasi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Jangan lupa makanan berserat
Sebelum memilih untuk makan besar, cobalah konsumsi makanan kaya serat layaknya sayuran dan buah agar perut bisa kenyang lebih lama sekaligus menghindari makan dengan berlebihan.

Makan dengan posisi yang benar
Banyak orang yang melupakan pentingnya makan dengan posisi duduk yang benar dan mengunyahnya dengan perlahan, apalagi jika rasa lapar sudah sangat kuat saat waktu berbuka puasa. Padahal, makan dengan cara yang tepat bisa mencegah konsumsi makanaan berlebihan sekaligus tidak membuat perut terasa begah.