Perhatikan Hal Berikut Sebelum Memasang Tindik

DokterSehat.Com – Selain tato, tindik telinga juga menjadi salah satu trend fesyen yang cukup populer belakangan ini. Tak hanya wanita, pria juga kini banyak yang ingin menindik telinganya. Tindik telinga sendiri kini memiliki banyak sekali variasi sehingga orang yang memilikinya akan mendapatkan rasa percaya diri yang lebih baik. Sayangnya, tindik yang merupakan proses dimana kulit atau bagian tubuh lain dilubangi atau ditusuk agar terlihat unik ini bisa memberikan resiko kesehatan yang berbahaya bagi tubuh layaknya sebagai berikut.

165054904_a34bd8ace0_b

Resiko menindik anggota tubuh, khususnya telinga, yang pertama adalah adanya rasa sakit. Sehebat apapun ahli tindik yang kita temui, kulit yang ditusuk atau dilubangi dengan jarum tentu saja akan sangat sakit. Jika kita menindik telinga contohnya, kita bisa merasakan rasa sakit ini bertahan hingga berjam-jam lamanya. Selain rasa sakit, tindik juga bisa memberikan resiko berupa infeksi. Memang, kini banyak ahli tindik profesional yang mengedepankan kebersihan dan keamanan kesehatan. Namun, di luar sana tentu banyak ahli tindik yang memakai alat yang tidak bisa dipastikan kehigienisan dan kebersihannya. Kulit yang ditindik dengan alat yang tidak bersih tentu akan beresiko terkena infeksi dan bakteri pun akan dengan mudah menyerang luka tindikan.

Tahukah anda, tak semua orang ternyata belum tentu cocok memakai perhiasan. Banyak orang yang ternyata memiliki aleri dengan perhiasan dari logam dan andai dipaksakan untuk dipasang dengan tindikan, bisa jadi kulit yang ditindik tersebut akan mengalami kemerahan, gatal-gatal, hingga pembengkakan yang bahkan bisa bernanah. Selain adanya alergi, tindik juga bisa menyebabkan kerusakan saraf. Banyak orang yang melaporkan bahwa telinga yang baru saja ditindik mengalami mati rasa dan hal ini berlangsung terus menerus. Saraf yang rusak tentu akan tidak baik bagi sistem saraf tubuh secara keseluruhan. Jika kita asal-asalan memilih ahli tindik, kita juga beresiko mendapatkan penularan penyakit berbahaya layaknya HIV/AIDS atau bahkan Hepatitis yang berasal dari alat tindik yang sebelumnya dipakai oleh orang yang mengidap penyakit tersebut.

Baca Juga:  Pentingnya Tindakan Kuretase

Andai anda ingin memasang perhiasan pada tubuh anda dengan cara ditindik, anda harus benar-benar selektif dalam memilih ahli tindik yang akan anda pakai. Pilihlah ahli tindik yang sudah memiliki reputasi baik dalam hal menjaga kebersihan dan kehigienisan jasanya. Hanya saja, pastikan juga badan anda tidak mengalami alergi dengan perhiasan yang ditindikkan ke tubuh anda sehingga anda pun bisa memiliki tindik tanpa mendapatkan resiko kesehatan.