Perhatikan Cara Ini Dalam Memakai Pendingin Ruangan di Kamar Bayi

DokterSehat.Com – Untuk membuat bayi bisa tidur dengan nyenyak, maka banyak orang tua yang menghidupkan pendingin ruangan pada kamar bayi. Tujuannya sederhana, dengan suhu udara yang lebih sejuk dan tidak terlalu lembab, maka bayi akan lebih nyaman dengan kondisi tubuhnya sehingga bisa tidur dengan nyaman. Pendingin ruangan juga dianggap lebih baik untuk digunakan jika dibandingkan dengan kipas angin yang tentu akan tidak baik bagi tubuh bayi. Namun, sebuah pertanyaan pun muncul, apakan dengan penggunaan pendingin ruangan ini baik bagi kesehatan bayi?

doktersehat-bayi

Pakar kesehatan menyebutkan jika pendingin ruangan ternyata tidaklah berbahaya bagi bayi. Hanya saja, kita juga harus bijak menggunakan pendingin ruangan jika ingin tetap menjaga kesehatan bayi. Sebagai contoh, ada baiknya kita tidak memasang suhu yang terlalu dingin da nada baiknya kita menjaga kondisi ruangan agar tidak terlalu kering. Lantas berapa sebenarnya suhu ideal untuk kamar bayi? Ada baiknya kita mengatur suhu pendingin ruangan di kamar bayi di sekitar angka 18° hingga 21° Celcius, seberapa pun panas atau dinginnya suhu di luar ruangan. Meskipun begitu, kita juga harus kerap mengecek suhu di dalam ruangan karena kadangkala suhu kamar bisa sangat dingin karena pendingin udara yang sudah dipakai dalam waktu yang cukup lama.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam penggunaan pendingin ruangan pada kamar bayi adalah penempatan tempat tidur bayi. Tempatkan posisi tempat tidur tidak secara langsung di depan unit pendingin ruangan yang berarti ada kemungkinan bayi langsung terpapar dinginnya udara yang dikeluarkan oleh AC. Posisikan tempat tidur dimana udara hanya mendapatkan efek dingin saja. Selain itu, rutin-rutinlah melakukan pembersihan pada AC sehingga kinerjanya tetap baik dan tidak ada debu atau bakteri berbahaya yang mengendap pada AC yang tentu akan membahayakan kesehatan bayi. Selain itu, cobalah untuk memberikan lotion pelembab bagi kulit bayi sehingga kulitnya tidak akan mudah kering.