Perhatikan Beberapa Tanda Penyakit Osteoporosis Berikut

DokterSehat.Com – Penyakit osteoporosis adalah salah satu penyakit yang cukup banyak ditakuti oleh semua orang. Jika kita mendapatkan penyakit ini, maka kekuatan tulang kita pun semakin berkurang dan adanya pengeroposan tulang tentu akan membuat tubuh kita menjadi rentan mengalami cedera berat. Meskipun banyak orang yang berkata jika osteoporosis lebih beresiko menyerang para lansia, dalam realitanya, banyak orang yang masih berada di usia produktif dan di bawah usia 40 tahun juga terkena masalah tulang ini. Apakah ada tanda-tanda dari penyakit osteoporosis yang bisa kita kenali sehingga kita mencegahnya dengan lebih efektif?

doktersehat-olahraga-sehat-20menit

Pemeriksaan paling lengkap untuk mengetahui apakah tubuh terkena osteoporosis atau tidak bisa dilakukan dengan tes CT, tes laboratorium, atau bahkan tes densitometri. Hanya saja, sebelum kita memutuskan memakai tes-tes tersebut, kita bisa mengenali tanda-tanda osteoporosis dari adanya rasa nyeri atau sakit pada bagian punggung. Jika anda mengalami rasa nyeri pada bagian punggung dan berlangsung dalam durasi yang cukup lama atau bertahun-tahun, bisa jadi anda mengalami osteoporis. Rasa nyeri ini bisa dirasakan saat kita berada dalam posisi tiduran dan akan semakin memburuk saat kita berdiri atau berjalan. Selain pada punggung, rasa nyeri pada pinggang hingga gigi yang sering terasa linu juga bisa menjadi tanda adanya masalah osteoporosis.

Patah tulang adalah tanda dari masalah osteoporosis yang cukup jelas, apalagi jika tulang yang patah adalah tulang tungkai. Pemeriksaan dari penyebab patahnya tulang ini biasanya bisa menjelaskan apakah kita terkena penyakit osteoporosis atau tidak. Biasanya, penderita osteoporosis akan mengalami patah tulang karena kepadatan tulang tungkai yang semakin berkurang sehingga mudah retak dan patah.

Baca Juga:  Pria Sebaiknya Mulai Mencukur Bulu Ketiaknya

Jika kita sering mengalami kram otot, bisa jadi ini juga menjadi tanda-tanda kita terkena osteoporis. Jika kita mengalami beberapa tanda-tanda ini, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi kita ke dokter dan mengetahui apakah kita terkena osteoporosis atau tidak. Dengan pemeriksaan yang lebih dini, maka kita tentu akan mendapatkan penanganan yang lebih baik.