Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Memutuskan Hamil

DokterSehat.Com – Berpacaran dan menikah merupakan suatu hal yang jauh berbeda, dengan menjalani hidup berumah tangga bukanlah suatu hal yang mudah. Tentunya banyak pasangan harus mempersiapkan segala sesuatunya agar dapat berjalan dengan baik. Begitu juga jika memutuskan untuk memiliki momongan dalam membangun rumah tangga tersebut. Salah satu point terpenting adalah memikirkan masa depan anak-anaknya kelak.



Orang tua yang belum siap untuk mempersiapkan segala sesuatu bersama dengan masa depan anaknya maka di khawatirkan akan menjadi beban tersendiri sehingga tidak dapat hidup dengan baik, baik itu ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya. Maka dari itu sebelum orang tua memutuskan untuk memiliki momongan ada baiknya jika mempertimbangkan dan memperhatikan beberapa hal berikut ini

Sebelum Anda hamil, ada baiknya jika Anda mengukur indeks massa tubuh (BMI) Anda dan mengetahui bahwa tubuh Anda termasuk dalam kategori terlalu kurus, ideal, kegemukan, atau obesitas. Menjadi seseorang yang obesitas akan sangat mempengaruhi kesehatan janin yang ada dalam kandungan, begitu juga jika Anda terlalu kurus.

Kondisi tubuh obesitas bisa meningkatkan peluang terjadinya kondisi tubuh preeclamsia, preeclamsia sendiri merupakan keadaan tubuh yang mengalami tekanan darah tinggi saat kehamilan dan adanya protein yang tinggi di dalam urin. Hal ini juga bisa mengembangkan penyakit lain seperti diabetes gestasional.

Jika Anda termasuk salah satu yang obesitas, maka diet penurunan berat badan adalah langkah pertama yang harus ditempuh untuk bisa memiliki momongan. Langkah kedua adalah menyingkirkan semua kebiasaan buruk dan mulai menerapkan kebiasaan baik.

Tinggalkan kebiasaan seperti merokok, minuman beralkohol dan memiliki gaya hidup tidak sehat seperti banyak begadang, makan makanan cepat saji dan minum softdrink. Anda bisa mulai mengembangkan kebiasaan baik dengan banyak makan makanan kaya asam folat seperti alpukat dan pisang serta buah dan sayur lain yang segar tanpa banyak mengolahnya dengan cara digoreng agar rendah kolesterol.

Baca Juga:  Tips Memperbanyak Asi

Makanan kaya asam folat akan mencegah terjadinya cacat fisik terutama otak dan tulang belakang dan membantu perkembangan sehat bayi yang ada dalam kandungan. Ketiga adalah berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, asma dan lain sebagainya sebelum hamil.

Keempat adalah vaksinasi dan tes. Pastikan dulu Anda sudah terbebas dari risiko campak, cacar air, tetanus, difteri, pertusis dan flu. Jika tidak yakin, dokter bisa memberikan tes sederhana apakah Anda sudah mendapatkannya atau belum.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah umur produktif, usahakan untuk tidak melebihi umur 35 tahun karena ada kesempatan yang lebih tinggi melahirkan bayi dengan Down syndrome atau masalah genetik lain jika Anda hamil lebih dari 35 tahun serta ada kemungkinan memiliki masalah dengan rahim dan kesuburan.

Itu dia yang harus Anda perhatikan sebelum memulai merencanakan kehamilan. Sebagai wanita karir, memang butuh penyesuaian dengan banyaknya jadwal yang Anda miliki, namun Anda pasti bisa mengatasinya Ladies.