Misoprostol – Perhatian dan Cara Pakai

DokterSehat.Com– Sebelum menggunakan misoprostol, beritahu dokter Anda apabila Anda menderita penyakit radang usus, irritable bowel syndrome, atau masalah usus lainnya. Anda mungkin memerlukan penyesuaian dosis atau pemantauan khusus selama pengobatan dengan misoprostol.



Jangan mengkonsumsi misoprostol untuk pencegahan ulkus lambung jika Anda hamil atau jika Anda mungkin dapat hamil saat menjalani perawatan dengan misoprostol. Jika Anda hamil saat menjalani pengobatan dengan misoprostol, berhentilah minum obat dan segera hubungi dokter Anda. Misoprostol ada dalam kategori kehamilan FDA X. Ini berarti misoprostol diketahui berbahaya bagi janin. Misoprostol dapat menyebabkan keguguran atau aborsi spontan (kadang-kadang tidak lengkap yang dapat menyebabkan perdarahan yang berbahaya dan memerlukan rawat inap, operasi, dan kuretase), kelahiran prematur, atau cacat lahir. Misoprostol juga telah dilaporkan menyebabkan ruptur uteri (robeknya rahim) saat diberikan setelah minggu kedelapan kehamilan, yang dapat menyebabkan pendarahan hebat, histerektomi (pembedahan dan pengambilan rahim), dan/ atau kematian ibu dan janin. Tes kehamilan dengan hasil negatif diperlukan dalam 2 minggu setelah memulai pengobatan dengan misoprostol, dan pengobatan akan dimulai hanya pada hari kedua atau ketiga dari siklus menstruasi reguler. Selain itu, kontrasepsi yang tepat akan diperlukan untuk mencegah kehamilan selama perawatan dan untuk satu siklus menstruasi setelah perawatan. Dalam beberapa kasus, misoprostol dapat digunakan di bawah pengawasan dokter untuk induksi persalinan dan untuk melakukan abortus atas indikasi medis.

Tidak diketahui apakah misoprostol masuk ke dalam ASI. Jangan mengkonsumsi misoprostol tanpa terlebih dahulu berbicara dengan dokter Anda jika Anda menyusui bayi.

Bagaimana saya harus mengkonsumsi misoprostol (Cytotec)?
Ambil misoprostol persis seperti yang diperintahkan oleh dokter Anda. Jika Anda tidak mengerti petunjuk ini, mintalah apoteker, perawat, atau dokter Anda untuk menjelaskannya kepada Anda.

Baca Juga:  Misoprostol - Overdosis dan Interaksi Obat

Ambil setiap dosis dengan segelas penuh air.

Misoprostol biasanya diminum empat kali sehari, diminum bersamaan dengan makan dan menjelang tidur. Ikuti instruksi dokter Anda.

Misoprostol dapat menyebabkan diare ringan sampai sedang, kram perut, dan/ atau mual. Masalah ini biasanya terjadi selama beberapa minggu pertama pengobatan dan berhenti setelah sekitar seminggu. Terjadinya diare bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi misoprostol dengan makanan. Hubungi dokter Anda jika gejala ini bertahan lebih dari 8 hari atau jika sudah parah.

Ambil misoprostol untuk jumlah waktu yang ditentukan oleh dokter Anda. Pengobatan biasanya berlanjut selama aspirin atau NSAID dikonsumsi.

Jangan berbagi obat ini dengan orang lain. Misoprostol telah ditentukan untuk kondisi spesifik Anda, bukan untuk orang lain, dan akan berbahaya jika orang lain tersebut hamil.

Simpan misoprostol pada suhu kamar, hindari dari kelembaban dan panas.

Misoprostol – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4