Pergelangan Tangan Sakit Karena Terlalu Lama Mengetik? Lakukan Hal Ini

DokterSehat.Com– Meskipun terlihat santai untuk dilakukan, dalam realitanya pekerjaan kantoran yang membuat kita duduk dan menghadap komputer dalam waktu yang sangat lama bisa melelahkan dan membuat beberapa bagian tubuh terasa sakit, salah satunya adalah otot-otot tangan pada pergelangan dan telapak tangan. Untuk mengatasi rasa nyeri pada bagian tubuh tersebut, ada baiknya kita melakukan beberapa hal seperti berikut ini.

doktersehat-jari-tangan-sakit-mengetik

Membuka telapak tangan
Bukalah telapak tangan saat sedang terasa nyeri karena terlalu lama mengetik. Hal ini bisa membuat otot tendon menjadi lebih rileks. Sebagai informasi, jika dipakai untuk mengetik terlalu lama, otot tendon bisa mengalami tekanan berlebihan yang memicu rasa nyeri.

Melipat jari
Lipatlah jari hingga ke bagian pangkal jari. Dengan melakukan gerakan melipat dan membuka jari beberapa kali ini, maka otot-otot jari akan mengalami peregangan sehingga akan terasa lebih rileks dan nyaman.

Mengepalkan tangan
Bukalah telapak tangan terlebih dahulu lalu lipatlah jari dan genggam dengan erat membentuk posisi tangan yang mengepal. Lakukan gerakan ini beberapa kali  sembari memutar pergelangan tangan. Dengan melakukan latihan ini, maka otot di telapak tangan secara keseluruhan akan mengalami peregangan yang membuatnya lebih rileks.

Menekuk jari
Cobalah untuk menekuk jari hingga membentuk sudut 90 derajat dan kemudian tahan posisi ini hingga beberapa detik. Dengan melakukannya beberapa kali, maka otot pada punggung tangan akan meregang sehingga membantu sirkulasi darah pada area punggung tangan menjadi lebih lancar. Setelahnya, kita juga bisa memijat bagian telapak tangan kita.

Lipat jari hingga menyentuh pangkal telapak tangan
Cobalah untuk melipat jari hingga menyentuh pangkal telapak tangan dan tahan hingga beberapa detik. Dengan melakukan hal ini, otot tendon telapak tangan akan lebih rileks dan persendian jari juga akan menjadi lebih lemas dan nyaman.