Perendaman dengan teh hijau dapat meningkatkan sisi sehat daging sapi

DokterSehat-Pada sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Food Chemistry menunjukkan bahwa merendam daging di dalam teh hijau dapat mengurangi senyawa yang dapat memicu kanker. Senyawa pemicu kangker yang dimaksud adalah heterocycclic Aromatic Amines (HAS). Pengaruh perendaman menggunakan teh hijau diamati pada daging sapi yang dimasak dengan dipanggang dengan wajan pada suhu 180-200 C selama 4 menit pada tiap sisi. Rendaman teh yang kaya katekin disiapkan dengan mencampir 1 gr teh hijau dan di campur dengan 125 ml air mendidih.
Dibandingkan dengan daging yang tidak direndam, daging yang direndam dengan teh hijau memiliki kadar HAS lebih rendah 75 % setelah 6 jam perendaman. Daging tersebut kemudian diuji sensori untuk mengetahui pengaruh perendaman terhadap arakter organoleptik. Dari hasil analisa T-test diketahui bagwa tidak ada beda nyata antara karakter sensori daging yang direndam dan yang tidak.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa “Karena katekin merupakan produk alami yang ada dalam teh hijau yang dikonsumsi secara luas tanpa resiko, metode perendaman ini dapat digunakan pada pengolahan daging.” FAN



sumber