Perencanaan Kehamilan – Ulasan Singkat dan Manfaat

DokterSehat.Com– Berikut adalah beberapa fakta perencanaan kehamilan:

doktersehat-hamil-tes-usg

  • Perencanaan kehamilan dapat mengatasi masalah gizi, vitamin, berat badan, olahraga, dan obat-obatan yang berpotensi berbahaya dan juga merencanakan pencegahan penyakit serta imunisasi dan konseling genetik.
  • Wanita yang mengkonsumsi asam folat setidaknya empat minggu sebelum konsepsi dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat karena gangguan pertumbuhan sumsum tulang belakang dan tengkorak sebanyak 70%.
  • Alkohol telah terlibat dalam infertilitas, awal keguguran, dan cacat lahir dan masalah lainnya untuk bayi.
  • Obat-obat tertentu jerawat, dan resep lainnya, dan obat OTC dapat menyebabkan cacat lahir.
  • Infeksi virus zika selama kehamilan telah terikat dengan mikrosefali dan cacat mata pada bayi.
  • Bayi dari wanita yang hamil lebih tua memiliki peningkatan risiko memiliki kelainan kromosom.
  • Waktu hubungan seksual dalam kaitannya dengan ovulasi tidak mempengaruhi jenis kelamin bayi.

Ikhtisar perencanaan kehamilan
Memiliki bayi adalah salah satu peristiwa paling penting dalam kehidupan seorang wanita. Perempuan dianjurkan mempertimbangkan kehamilan dengan memulai perencanaan untuk kehamilan dengan pasangan mereka dan profesional kesehatan. Persiapan tersebut disebut perencanaan kehamilan. Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan yang sehat untuk janin dan mencegah cacat lahir dan masalah kehamilan terkait lainnya dengan semaksimal mungkin. Isu yang dibahas selama perencanaan kehamilan termasuk gizi, vitamin, berat badan, olahraga, menghindari obat tertentu dan alkohol, imunisasi, dan konseling genetik. Meskipun banyak wanita akan memiliki kehamilan normal tanpa persiapan, perencanaan kehamilan meningkatkan kemungkinan kehamilan yang lancar dan bayi yang sehat. Sayangnya, banyak perempuan yang mengantisipasi kehamilan tidak mencari konsultasi medis sebelumnya.

Perencanaan kehamilan dapat membantu mencegah paparan ibu untuk obat yang berpotensi berbahaya atau zat selama hari-hari awal kehamilan. Organ bayi mulai mengembangkan janin sedini mungkin 17 hari setelah pembuahan, dan telur yang telah dibuahi mulai tumbuh bahkan sebelum hari pertama terlambat haid. Beberapa wanita terus mengalami pendarahan ringan yang mungkin dianggap keliru untuk periode menstruasi selama beberapa bulan pertama kehamilan dan bahkan mungkin tidak menyadari bahwa mereka hamil. Orang lain mungkin tidak menyadari bahwa mereka hamil sampai mereka mengalami kenaikan berat badan atau pembesaran perut. Pada saat itu, mereka mungkin sudah terkena obat atau zat yang berpotensi berbahaya bagi janin.