Peregangan Untuk skiatika

DokterSehat.Com – Untuk meredakan rasa sakit dan kebas yang disebabkan oleh skiatika, Anda dapat meningkatkan kelenturan tubuh Anda dan juga memperkuat tulang punggung Anda dengan melakukan peregangan-peregangan sederhana. Terapi fisik yang rutin juga merupakan solusi jangka panjang yang baik bagi skiatika.



Peregangan skiatika mengurangi rasa nyeri dengan melatih otot punggung bawah dan pantat Anda melalui latihan peregangan. Peregangan jenis ini mengharuskan pasien berbaring di lantai dengan perut menempel pada lantai. Perlu diingat bahwa tidak semua penderita skiatika dapat melakukan latihan ini. Mereka yang memiliki kondisi skiatika yang lebih parah dapat merasa sakit ketika mencoba berbaring dalam posisi ini.

Letakkan kedua tangan Anda di samping kiri dan kanan sejajar dengan bahu. Posisi tangan ini sama persis dengan posisi tangan untuk melakukan push-up. Dorong tubuh Anda secara perlahan dengan tangan. Kaki dan pinggul Anda harus tetap menempel pada lantai. Lakukan gerakan ini hingga tubuh Anda terangkat sekitar 15 cm dari lantai.

Peregangan skiatika ini membantu meredakan rasa nyeri pada urat syaraf Anda . Usahakan Anda tetap rileks ketika menahan posisi ini selama 2 hingga 3 detik. Variasi dari peregangan ini adalah dengan meletakkan tangan Anda di sisi sebelah kiri dan kanan pinggang.

Peregangan skiatika juga membantu memperkuat punggung Anda dan meningkatkan keseimbangan tubuh Anda . Ini akan memberi Anda postur tubuh yang lebih baik. Postur tubuh yang baik dan peregangan skiatika akan sangat mengurangi rasa sakit yang diderita ketika skiatika Anda kambuh.

Peregangan kedua yang dapat Anda coba adalah dengan mencoba menyentuh jari kaki Anda. Berdirilah tegak dengan tangan di depan Anda dan kedua kaki dirapatkan. Membungkuklah dan coba sentuh jari kaki Anda secara perlahan. Harus diingat bahwa kaki tidak boleh dibengkokkan sama sekali dalam melakukan latihan ini. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik sambil mengatur napas Anda. Tidak semua orang dapat menyentuh jari kaki mereka tapi berusahlah untuk melakukannya. Anda akan bisa melakukan ini seiring dengan waktu.

Baca Juga:  Kuku Bisa Mengindikasikan Adanya Penyakit dalam Tubuh

Terapi fisik seperti ini akan meregangkan dan sekaligus memperkuat otot-otot Anda. Dengan begini otot Anda akan lebih stabil dan tekanan pada urat-urat syaraf di punggung akan berkurang.